Peningkatan Hasil Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel

Muhamad Saleh(1*), Helvi Satifa(2), Nur Ainun(3)

(1) Universitas Serambi Mekkah
(2) 
(3) Universitas Serambi Mekkah
(*) Corresponding Author

Abstract


Upaya mengatasi kesulitan siswa dalam Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dengan menyusun model pembelajaran yang tepat agar siswa memahami materi dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal PLSV adalah model Guided Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar PLSV melalui pembelajaran Guided Discovery Learning. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian pre eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII. Sampel diambil satu kelas yaitu kelas VIII1 berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes butir berbentuk uraian pada materi persamaan linier satu variabel sebanyak 5 soal dengan skor maksimal 100. Kemudian digunakan uji-t (uji pihak kanan) dengan taraf signifikan 0,05 untuk menguji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pembelajaran Guided Discovery Learning materi Persamaan Linier Satu variabel pada siswa SMP kelas VIII telah diperoleh peningkatan dengan katagori sedang.


Keywords


Guided Discovery; Learning; Linear Equation One Variable;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amir-Mofidi, S., Amiripour, P., & H. Bijan-Zadeh, M. (2012). Instruction of Mathematical Concepts through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Technology 5(6): 1–7. Retrieved from: https://indjst.org/articles/instruction-of-mathematical-concepts-through-analogical-reasoning-skills

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Culbertson, R., Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & McClure, A. (2008, August 1). The Effects of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques (Masters, Arizona State University, 2008). Retrieved June 23, 2021, from http://modeling.asu.edu/modeling/Kinematics-graphical08brief.pdf

Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Ferawati, F., & Suhendri, H. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1): 111-120. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8311

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Indiastuti, F. (2016). Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 2(1): 41–55. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1240

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang.” Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2):161–83. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1229

Nurhayati., & Marliani, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1): 29-36.

Saleh, M., Muhammad I., Murni, Darhim, & Bansu I.A. (2019). Student s ’ Error Types And Reasoning Ability Achievement Using The Indonesian Realistic Mathematics Education Approach. International Journal of Scientific & Technology Research 8(07): 364–69. Retrieved from: http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0719-20695

Saleh, M., Ernisa, Aklimawati, & Mahmuzah, R. (2019). Pembelajaran Inquiri Based Learning Pada Materi Limas SMP Negeri 16 Banda Aceh. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 199–209. http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.405

Saleh, M., Prahmana, R.C.I., Isa, M., & Murni. (2018). Improving the Reasoning Ability of Elementary School Student through the Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education 9(1): 41–53. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5049.41-54

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Widodo, A. (2010). Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9381

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter