Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs

Muhammad Sholeh(1), Nanang Supriadi(2), Suherman Suherman(3*)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku digital yang valid, layak, menarik dan efektif sebagai media pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembngan 4D dari Thiagajaran yang terdiri atas 4 langkah yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs di Kabupaten Lampung Barat. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, angket validator ahli materi dan media, angket respon kemenarikan peserta didik, dan tes. Hasil validasi ahli materi dan ahli media memperoleh skor 3,69 dan 3,75 dengan kriteria “layak”, hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh skor 3,7 dan 3,79 dengan kriteria “sangat menarik”, sementara hasil uji efektifitas memperoleh skor N-gain sebsar 0,72 dengan ketegori “tinggi”. Simpulannya adalah buku saku digital berbasis android bercirikan etnomatematika dinyatakan valid, layak, menarik, dan efektif sebagai media pembelajaran matematika.

Keywords


A Digital Pocket Book; Android; Ethnomathematics;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adawiyah, R. A., Lesmono, A. D., & Prihandono, S. H. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Berbasisreact (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 7(2), 202–209. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i2.7929

Adhyaksono, R., Syafei, I., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Buku Saku Digital terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2). https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/456

Afifah, N. L., Murtono, & Santoso. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29774

Anggraeni, N. A., Sunarto, A., & Saltifa, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas VII. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 231–239. https://doi.org/10.29300/equation.v3i2.3631

Arif, D. S. F., Purnomo, D., & Sutrisno, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89–100. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3673

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2522

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.1-9

Fatmi, N., & Hadiya, I. (2020). Development Of Environmental Physics Teaching Materials Based On Generic Science Skills In The Form Of Modules In The Form Of A Pocket Book Viewed From Student Learning Interest. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.22611/jpf.v9i1.15129

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37–47. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi” Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 188–201. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2436

Hanifah, H., Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal Of Biology Education Research (JBER), 1(1), 10–16.

Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/490

Jabali, S. G., Supriyono, S., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan Media Game Visual Novel Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.185-198

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Kristanti, D., & Julia, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71

Latifah, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104

Luthfiana, M., Friansah, D., & Marcicilia, B. (2020). Pengembangan Lks Berbasis Etnomatematika (Budaya Lubuklinggau) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1178

Muhammad, A. F. N., & Novitasari, N. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 80–93. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3877

Muhdiyanto, A. R. (2018). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Pada Materi Matriks berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/PERNYATAAN%20PUBLIKASI%20ILMIAH.pdf

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Kelas Xi Man 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. h. 118.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.129

Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Model Problem Based Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 116–122. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.7300

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176–186. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Salbino, S. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula (1st ed.). Kunci Komunikasi.

Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153–164. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suherman, S. (2018). Ethnomathematics: Eksploration of Traditional Crafts Tapis Lampung as Ilustration of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3085

Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 522–531. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2842

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Yang Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51

Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Amiq, F. (2016). Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Fitsal Untuk Wasit Futsal Di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2). https://doi.org/10.17977/pj.v26i2.7508

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542

Yaqin, A., & Rochmawati. (2017). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi PPh Pasal 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17965




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Sholeh, Nanang Supriadi, Suherman Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter