Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pra-Multiplikatif

Fuat Fuat(1*), Mujiati Puspita Wulan(2)

(1) Universitas PGRI Wiranegara
(2) Universitas PGRI Wiranegara
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kemampuan bernalar siswa yang perlu dikembangkan adalah kemampuan penalaran proporsional sebagai penalaran dasar dari kelima jenis penalaran yang telah diungkapkan oleh Piaget. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkategorikan kemampuan penalaran proporsional siswa kelas menengah dalam menyelesaikan masalah pra-multiplikatif. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu pemilihan subjek dengan pertimbangan tertentu untuk mendapatkan subjek yang memiliki kategori penalaran proporsional berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemampuan penalaran proporsional yang dikuasai siswa berbeda-beda yaitu subjek 1 mencapai kategori 3, subjek 2 mencapai kategori 2 dan subjek 3 mencapai kategori 1.

Keywords


Proportional Reasoning; Pre-Multiplicative Problems;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fuat. (2020). Geometri Datar: Individual Textbook. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Fuat, F., Susanto, K., & Aini, F. Q. (2020). Classificational and Theoretical Execution Misconceptions’ Classification of Misconceptions Based on Students Concepts in Plane Geometry. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JelmaR), 1(2), 8-21. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i2.20

Fuat, F., Nusantara, T., Hidayanto, E., & Irawati, S. (2020). The Exploration of Argument Scheme Expression in Students’ Proof Construction. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(1), 2369-2372. Retrieved from: The-Exploration-Of-Argument-Scheme-Expression-In-Students-Proof-Construction.pdf (ijstr.org)

Irawati, T. N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika dalam Membuat Soal Penalaran Proporsional Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1101-1106.

Khumairoh B., Amin S. M., dan Wijayanti P. (2020). Penalaran Proporsional Siswa Kelas Menengah dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 67-80. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.259

Ojose, B. (2015). Common Misconceptions in Mathematics. United States of America: University Press of America.

Raharjanti, M., Nusantara, T., & Mulyati, S. (2016). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 312-319. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/303215282 .

Uyun, S. N., & Fuat, F. (2020). Kemampuan Disposisi Berpikir Kritis Siswa yang Berkategori Rendah dalam Memecahkan Masalah Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 58-69. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5370

Walle, J.A. (2007). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan MeMenengah. Edisi ke-6 jilid 2. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9047

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fuat Fuat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter