Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
(1) Maadrasah Tsanawiyah Ciniru, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Budi, R. R. S. (2008). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Melalui Penggunaan Alat Peraga Praktik Miniatur Tandon Air terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 3 Kota Manna. Jurnal Pendidikan Matematika. II (1): 63-80.
Diknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Yogyakarta: Media Wacana.
Diknas. (2005). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Diknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, X (2): 136-139.
Mustika, A. M. (2012). Penerapan PMRI dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar untuk Menumbuhkembangkan Pendidikan Karakter. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 121-130.
Prabawanto, S. dan Mujono. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Rooijokkers. (2003). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Grasindo.
Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Al Bidayah, IV (1): 37-48.
Sagita, L. (2014). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Derivat. I (2): 1-7.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.
Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Supardi, U. S. (2008). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Faktor Exacta. I (1): 1-19.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., dan Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA. XIII (1): 1-14.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i1.888
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Elis Yusimarliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530