Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pythagoras

Rika Dwi Cahyani(1*), Yanti Mulyanti(2), Novi Andri Nurcahyono(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan spasial matematis siswa SMP kelas 8 dalam menyelesaikan soal-soal pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan probability sampling lalu didapat 1 siswa dari 33 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian yaitu partisipan 1 (P1).Instrumen penelitian berupa tes kemampuan spasial. Pengumpulan data penelitian ini observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan kemmpuan spasial matematis siswa kelas 8 memiliki rata-rata presentase 95% dan masih terbilang cukup baik.


Keywords


Mathematical Spatial Ability; Pythagoras;

Full Text:

PDF

References


Hermawati, H., Nurcahyono, N. A., & Setiani, A. (2018). Proses Pelaksanaan Remedial Teaching terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal LP3M, 4(2), 102.

Jelatu, S. et al. (2018). Relasi antara Visualisasi Spasial dan Orientasi Spasial terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ruang. Journal of Songke Math, 1(1), 50.

Juliani, D. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Kestetik dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII MTSN 4 Kota Jambi. Skripsi: Universitas Jambi.

Kurniawan, A.T., & Marliani, L. (2014). Pembelajaran Matematika Konsep Aljabar terhadap Siswa Kelas VII SLTP Melalui Website Interaktif. Jurnal ? E L T ?, 2(1), 89.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: P.T. Refika Aditama.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI–Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (3), 415-426. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Murniasih, T.R. (2016). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Nurcahyono, N. A., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2019). Analysis of Students’ Mathematical Imagination Ability in Solving Problems. Journal of Physics, 11796. file:///F:/rika/up/jurnal%20artikel/Jurnal%20pa%20novi,%20imajinasi%20matematis.pdf

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: Tidak diterbitkan.

Rohati, R., Winarni, S., & Osviarni, R. (2012). Pembelajaran Teorema Phytagoras dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) pada Siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.842

Sari, D. P. (2018). Analisis Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran. Tesis: Universitas Negeri Medan

Siregar, N.R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Jurnal UNISSULA. 227.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8294

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rika Dwi Cahyani, Yanti Mulyanti, Novi Andri Nurcahyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter