Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI

Amatullah Mu'tashimah(1*), Agustiany Dumeva Putri(2), Feli Ramury(3)

(1) UIN Raden Fatah Palembang
(2) UIN Raden Fatah Palembang
(3) UIN Raden Fatah Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan PMRI pada materi tabung yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan formative evaluation alur Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthorugh, dokumentasi, angket respon peserta didik, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penelitian ini telah menghasilkan LKPD berbasis pendekatan PMRI yang valid berdasarkan komentar dan saran yang diberikan validator dan dinyatakan valid oleh validator pada tahap expert review. (2) penelitian ini telah menghasilkan LKPD berbasis pendekatan PMRI yang praktis berdasarkan hasil perhitungan angket respon peserta didik pada tahap one to one, small group, dan field test.


Keywords


Student Worksheet; Cylinder; Realistic Mathematics Education Approach;

Full Text:

PDF

References


Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729.

Akker, J.V.D. (2006). An Introduction to Education Design Research. The Netherlands: Netzodruk.

Ali, H., & Rarini, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andari, T., & Komsiatun, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 155-160. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1362.

Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4), 1-13.

Atika, N., & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103-110. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126.

Azis. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan, 5(1), 64-72.

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 28-41. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i2.139.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5.

Heriyadi, & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395-412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782.

Isrok’atun, R. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jannah, U. R., & Towafi. (2020). Realistic Mathematic Education pada Barisan dan Deret Aritmetika Berbasis Kehidupan Islami Pondok Pesantren. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 165-174. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5163.

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422.

Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan Dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-7.

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The effectiveness of realistic mathematics education approach on ability of students’ mathematical concept understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91-100.

Nuraida, I. (2017). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 25-30. https://doi.org/10.25157/.v1i2.550.

Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Putra, S. R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kerja. Yogyakarta: DIVA Pers.

Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153-164. 64. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230.

Septy, L., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik pada Materi Peluang di Kelas VIII. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 16-26.

Suherman. (2015). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81-90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57.

Tessmer, M. (1993). Merencanakan dan Melakukan Evaluasi Formatif. London: Martin Tessmer.

Treffers, A. (1987). Three Dimensions. A model of Goal and Theory Description in Mathematics Instruction – The Wiskobas Project. Dordrecht: Reidel Publishing Company.

Trisnawati, S. E., Hartatiana, H., & Wardani, A. K. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 25-32.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7776

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amatullah Mu'tashimah, Agustiany Dumeva Putri, Feli Ramury

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter