Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Polya

Ulima Syahda(1*), Heni Pujiastuti(2)

(1) 
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak menggunakan Teori Polya. Subjek penelitian diambil dari 4 orang siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2019/2020 yang dipilih secara random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data berupa soal tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang sering terjadi pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali, yang meliputi kesalahan yaitu siswa kurang tepat dalam menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan, kurang tepat dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah, kurang tepat dalam menggunakan rumus, kurang tepat dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian, kurang tepat dalam melakukan perhitungan yang benar, tidak menentukan kesimpulan dari apa yang ditanyakan, serta tidak memeriksa kembali hasil jawaban yang telah dikerjakan.

Keywords


Polya Theory; Absolute Value Equation; Absolute Value Inequality

Full Text:

PDF

References


Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135-142. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann's Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121-134. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1): 63-70. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.983

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223-236. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.768

Siagian, P., & Surya, E. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar.

Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Smk Kelas XI. Journal on Education, 1(1): 66-74.

Wijaya, A., & Masriyah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Mathedunesa, 2(1).

Zulfah, Z. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Lemma, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6610

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ulima Syahda, Heni Pujiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter