Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis

ABDURRAHMAN ANSORI(1*), Yunio Hindriyanto(2)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan resiliensi matematika dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 21 Bekasi dengan jumlah sampel 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi matematis dan angket resiliensi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif dan analisis data statisitik deskriptif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) siswa dengan resiliensi tinggi memperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 36%, 2) siswa dengan resiliensi sedang memperoleh rata-rata koneksi matematisnya 34%, 3) siswa dengan resiliensi rendah memperoleh rata-rata koneksi matematisnya 30% dan 4) Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi positif siswa dengan resiliensi matematis yang baik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.

Keywords


Resiliensi, Koneksi Matematika

Full Text:

PDF

References


Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Mathematics Anxiety ) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity, Vol. 3(1), 125–132. doi : https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.p125-132

Defrianti, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. ANARGYA, Vol 1(2), 72–76. doi : https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2548

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama : Bandung.

Hutauruk, A. J. B. & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 895, 1–6. doi : https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012067

Kurnia, H. I., Royani., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP di Tinjau dari Resiliensi Matematik. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol.1(5), 900-933

Kurniawan, D., Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Konstekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol.6, 1-11

Kusumawati, R. & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Gender. IVET Teacherpreneur, Vol. 1(2), 92–99. doi : https://doi.org/http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/485

Maisyarah, R. & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis ( Connecting Mathematics Ability ) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. ResearchGate, 1-12.

Mandur, K, Sadra I W, & Suparta, I. N. (2013). Representasi , Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Swasta Di Kabupaten Manggarai. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2, 1–10. doi : https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.885

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 2(1). doi : https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. EDUCATIONIST,Vol. I(2), 116–123.

Satyaninrum, I. R. (2014). Pengaruh School Engagement , Locus Of Control , Dan Social Support Terhadap Resiliensi Akademik Remaja. TAZKIYA Journal of Psychology, Vol. 2(1), 1–20. doi : https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i1.10749

Siregar. A. F. P. (2019). Analysis of mathematical connection ability. ResearchGate, 0–6.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Suhandri, Nufus H, & Nurdin. E. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115–129. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2012

Supriatna, A, & Zulkarnaen. R. (2019). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Sesiomadika, 730–735. doi : https://doi.org/http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Wahyu, H. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa Sma Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. KALIMATIKA, vol. 2(1), 15–28. doi : https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28

Wibowo, A., Slamet, I., & Sujadi, I. (2018). Construct Validity of Mathematical Resilience : Confirmatory Factor Analysis. INCOMED. vol. 160, 261–264. doi : https://doi.org/https://doi.org/10.2991/incomed-17.2018.55

Wilder, J.S., Lee, C, Goolad, S. & Brindley. (2013). Developing Coaches For Mathematical Resilience. Open Research Online.1-9.

Umayah, Hakim A.R., Nurrahmah, A. 2019. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM Vol 5(1).pp 85-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5582

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDURRAHMAN ANSORI, Yunio Hindriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter