Analisis Gesture Siswa Tunarungu dalam Belajar Matematika di Tinjau dari Gender
(1) Univerisitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achadiyah, N. L., Abdussakir, D., & Maulana Malik Ibrahim (2015). Penggunaan Gestur Representasional oleh Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis secara Kelompok. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi.
BNSP. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tantang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. , Kemendikbud § (2016).
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Cook, S. W., Friedman, H. S., Duggan, K. A., Cui, J., & Popescu, V. (2017). Hand Gesture and Mathematics Learning: Lessons From an Avatar. Cognitive Science, 41(2), 518–535. https://doi.org/10.1111/cogs.12344
Damayanti, R. N., & Sa, C. (2019). Gesture Anak Autis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat. 1132–1138.
Ginintasari,R. 2009. Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Psikologi Fakultas ilmu pendidikan UPI.Bandung. Diunduh tanggal 24 maret 2016
Kurniasih, M. D. (2016). Penerapan metode inkuiri untuk kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru. 4(2), 751–760.
Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911
McNeill, D. (2002). Gesture and language dialectic. Acta Linguistica Hafniensia, 34(1), 7–37. https://doi.org/10.1080/03740463.2002.10414607
Nurhayati & Marliani, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 30.
Nurmaliah, C. (2013). Analisis keterampilan metakognisi siswa SMP Negeri di kota malang berdasarkan kemampuan awal, tingkat kelas, dan jenis kelain. Jurnal Biologi Edukasi, 1(2), 18– 21.
Whitelock, D., & Scanlon, E. (1998). The roles of gaze, gesture and gender in CSCL. Journal of Computer Assisted Learning, Vol. 14, pp. 158–165. ttps://doi.org/10.1046/j.1365-2729.1998.1420158.x
Yoon, C., Thomas, M. O. J., & Dreyfus, T. (2011). Grounded blends and mathematical gesture spaces: Developing mathematical understandings via gestures. Educational Studies in Mathematics, 78(3), 371–393. https://doi.org/10.1007/s10649-011-9329-y
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5455
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Meyta Dwi Kurniasih, Hinggil Darojati, S B Waluya, Rochmad Rochmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530