Analisis Gesture Siswa Tunarungu dalam Belajar Matematika di Tinjau dari Gender

Meyta Dwi Kurniasih(1*), Hinggil Darojati(2), S B Waluya(3), Rochmad Rochmad(4)

(1) Univerisitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Gesture atau Gerakan tubuh merupakan salah satu cara mengekspresikan pikiran atau perasaan seseorang ketika berkomunikasi atau berinteraksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis gerak tubuh atau gerak tangan (gesture) siswa tunarungu dalam belajar matematika yang ditinjau dari gender. Penelitian yang dilakukan di SMP LB Negeri di daerah Bekasi ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa dokumen observasi, wawancara dan tes kemampuan pemahaman matematis. Dari penelitian ini, menyimpulkan bahwa dalam belajar matematika siswa wanita lebih banyak mengeluarkan gesture yang variatif dibandingkan siswa laki-laki

Keywords


Gesture, Mathematics Teaching and Learning, Gender

Full Text:

PDF

References


Achadiyah, N. L., Abdussakir, D., & Maulana Malik Ibrahim (2015). Penggunaan Gestur Representasional oleh Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis secara Kelompok. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi.

BNSP. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tantang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. , Kemendikbud § (2016).

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Cook, S. W., Friedman, H. S., Duggan, K. A., Cui, J., & Popescu, V. (2017). Hand Gesture and Mathematics Learning: Lessons From an Avatar. Cognitive Science, 41(2), 518–535. https://doi.org/10.1111/cogs.12344

Damayanti, R. N., & Sa, C. (2019). Gesture Anak Autis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat. 1132–1138.

Ginintasari,R. 2009. Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Psikologi Fakultas ilmu pendidikan UPI.Bandung. Diunduh tanggal 24 maret 2016

Kurniasih, M. D. (2016). Penerapan metode inkuiri untuk kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru. 4(2), 751–760.

Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911

McNeill, D. (2002). Gesture and language dialectic. Acta Linguistica Hafniensia, 34(1), 7–37. https://doi.org/10.1080/03740463.2002.10414607

Nurhayati & Marliani, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 30.

Nurmaliah, C. (2013). Analisis keterampilan metakognisi siswa SMP Negeri di kota malang berdasarkan kemampuan awal, tingkat kelas, dan jenis kelain. Jurnal Biologi Edukasi, 1(2), 18– 21.

Whitelock, D., & Scanlon, E. (1998). The roles of gaze, gesture and gender in CSCL. Journal of Computer Assisted Learning, Vol. 14, pp. 158–165. ttps://doi.org/10.1046/j.1365-2729.1998.1420158.x

Yoon, C., Thomas, M. O. J., & Dreyfus, T. (2011). Grounded blends and mathematical gesture spaces: Developing mathematical understandings via gestures. Educational Studies in Mathematics, 78(3), 371–393. https://doi.org/10.1007/s10649-011-9329-y




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5455

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Meyta Dwi Kurniasih, Hinggil Darojati, S B Waluya, Rochmad Rochmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter