Pengaruh Mathematical Resilience Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Faiqatul 'Athiyah(1), Ulumul Umah(2*), Tomy Syafrudin(3)

(1) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
(2) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
(3) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tingkat mathematical resilience. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) tipe concurered embedded Metode kuantitatif sebagai metode utama digunakan untuk menguji pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara statistik. Selanjutnya metode kualitatif digunakan sebagai metode pelengkap untuk menganalisis lebih jauh kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan perbedaan tingkat mathematical resilience.. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) besar pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah , (3) secara umum siswa dengan mathematical resilience tinggi mampu menyelesaikan soal dengan interpretasi, strategi, dan operasi hitung yang baik. Siswa dengan mathematical resilience sedang, mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan masalah

Keywords


Mathematical Resilience, Mathematical Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Aspriyani. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 17–23.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan antara minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas viii smp. Numeracy, 5(1), 49–56.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. A. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Edumatica, 7(1), 44–54.

Hutahuruk, A. J. B. (2019). Perilaku resiliensi matematis mahasiswa melalui model problem-based learning dengan pendekatan metakognitif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 7–16.

Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Developing mathematical resilience. In BERA Annual Conference 2010. University of Warwick.

Johnston-Wilder, S., Lee, C., Garton, L., Goodlad, S., & Brindley, J. (2013). Developing coaches for mathematical resilience. In ICERI 2013 : 6th International Conference on Education, Research and Innovation. Seville, Spain.

Karsim, Suyitno, H., & Isnarto. (2017). Influence of IQ and mathematical disposition toward the problem solving ability of learners grade VII through PBL learning model with the assistance LKPD. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 532–539.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 tahun 2016 (2016).

Kooken, J., Welsh, M. E., McCoach, D. B., Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2016). Development and validation of the mathematical resilience scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 49(3), 217–242.

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendiriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa smp ditinjau dari resiliensi matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940.

Kurniawati, A. D. (2014). Pengaruh kecemasan dan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat siswa kelas vii mts negeri ponorogo. Jurnal MATHEdunesa, 3(2), 36–41.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826.

NCTM. (2002). Principles and standards for school mathematics. Reston V.A: NCTM.

NCTM. (2016). The trig/calculus problem of the week scoring rubric for students. Retrieved from https://www.nctm.org/mathforum/

OECD. (2019). PISA 2018 results: combined executive summaries (Vol. I).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Konseling GUSIJANG, 1(2).

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa smp negeri di kabupaten ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets that promote resilience: When students believe that personal characteristics can be developed. Educational Psychologist, 47(4), 302–314.

Zanthy, S. L. (2018). Konstribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Musharafa, 7(1), 85–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5286

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Faiqatul 'Athiyah, Ulumul Umah, Tomy Syafrudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter