Advanced Mathematical Thinking dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Lanjut
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arnawa, M., et al. (2006). Applying the APOS theory to improve students ability to prove in elementary abstract algebra. JIMS, 13 (1): 133-148.
Ayal, C.S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif matematis serta self-directed learning siswa SMP dengan menggunakan strategi mind mapping. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Dasari, D. (2009). Peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa melalui model PACE. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Goldin, G.A. (2002). Representation in mathematical learning and problem solving. In L. D. English (Ed.), Handbook of international research in mathematics education (pp. 97-218). New Jersey: SUNJ.
Gutierrez, P.B. (2006). Handbook of research on the psychology of mathematics education: Past, present, and future. Netherlands: Sense Publishers.
Hanna, G., et al. (2010). Explanation and proof in mathematics. New York: Springer.
Herlina, E. (2015). Advanced mathematical thinking and the way to enhance it. Journal of Education and Practice, 6 (5): 79-88.
Hudiono, B. (2005). Peran pembelajaran diskursus multi representasi terhadap pengembangan kemampuan matematik dan daya representasi pada siswa SLTP. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Hutajulu, M & E. D. Minarti (2017). Meningkatkan kemampuan advanced mathematical thinking dan habits of mind mahasiswa melalui pendekatan keterampilan metakognitif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3 (2): 177-194.
Hwang, et al. (2007). Multiple representation skills and creativity effect on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology & Society, 10 (2): 191-212.
Isnarto, et al. (2014). Student’s proof ability: Exploratory studies of abstract algebra course. International Journal of Education dan Research, 2 (6): 215-228.
Kusnandi (2008). Pembelajaran matematika dengan strategi abduktif-deduktif untuk menumbuhkembangkan kemampuan membuktikan pada mahasiswa. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Lo, J. & M. Raven (2008). Proof and proving in a mathematics course for prospective elementary. USA: Western Michigan University and Michigan State University.
Mudzakir, A. (2006). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka setia.
Mukhtar (2013). Peningkatan kemampuan abstraksi dan generalisasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking. Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Mulyati (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa SMA melalui strategi preview-question-read-reflect-review. Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Nurhasanah, F. (2010). Abstraksi siswa SMP dalam belajar geometri melalui penerapan model van hiele dan geometers’ sketchpad. Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Nurhayati, Y. (2013). Meningkatkan kemampuan representasi dan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Prabawanto, S. (2012). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan self-efficacy matematis mahasiswa melalui pembelajaran dengan pendekatan metacognitive scaffolding. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Samparadja, H., et al. (2014). The influence of inductive-deductive approach based on modified definition in algebra structure learning toward student’s proving ability viewed based on college entrance track. International Journal of Education and Research, 2 (7): 239-248.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Slavin, R.E. (2011). Psikologi pendidikan: teori dan praktik. Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Sukmadinata, N. S. (2004). Kurikulum dan pembelajaran kompetensi. Bandung: Kusuma Karya.
Sumarmo, U. (2011). Advanced mathematical thinking dan habit of mind mahasiswa. Bahan Kuliah. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
---------------. (2013). Pembelajaran matematika. Dalam Suryadi, D., Turmudi, dan Nurlaelah, E. (Ed) Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya (pp. 122-146). Bandung: FPMIPA-UPI Press.
Supianti, I & N. M. Sari (2016). Pembelajaran matematika dengan strategi abduktif-deduktif untuk meningkatkan advanced mathematical thinking mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika FKIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya 2016, 1 (1): 107-114.
Suryadi, D. (2012). Membangun budaya baru dalam berpikir matematika. Bandung: Rizqi Press.
Suryana, A. (2014). Analisis kemampuan membaca bukti matematis pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung “Infinity”, 4 (1): 84-95.
---------------. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Tall, D. (2002). Advanced mathematical thinking. Boston: Kluwer.
Tandiseru, S.R. (2015). The effectiveness of local culture-based mathematical heuristic-KR learning towards enhancing student’s creative thinking skill. Journal of Education and Practice, 6 (12): 74-81.
Wardani, S., et al. (2011). Mathematical creativity and disposition: Experiment with grade-10 students using silver inquiry approach. Journal of Science and Mathematical Thinking, GUNMA University, Japan, 1(59): 1-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5194
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Andri Suryana, Seruni Seruni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530