Mengembangkan Kemampuan Memformulasikan Konjektur Siswa melalui Experiential Learning

Yani Supriani(1*), Usep Sholahudin(2)

(1) Universitas Serang Raya
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ilmiah keterampilan adalah keterampilan khusus yang membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka. Tidak langsung, keterampilan ilmiah yang berkembang dengan baik akan memimpin mereka untuk secara aktif terlibat. Keterampilan khusus ini perlu dikembangkan melalui keterampilan kognitif. Salah satu keterampilan kognitif yang dikembangkan adalah pembenaran keterampilan. Keterampilan tersebut dikembangkan melalui pengalaman belajar. Penelitian ini melibatkan 26 siswa di salah satu dari SMP di Serang. Penelitian ini berfokus pada topik tentang garis, sudut, segitiga dan persegi panjang. Penelitian ini adalah kuasi penelitian eksperimental dengan satu kelompok Pretest Posttest desain menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan conjecturing matematika siswa SMP memberikan kontribusi positif melalui pengalaman belajar.

Full Text:

PDF

References


Beard, Collin dan Jhon P. Wilson. (2006). Experiental Learning: A best Practice Handbook for Educators and Trainers. London and Philadelpia: Kogan Page.

Fathurrahman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media. file:///C:/Users/user/Documents/Bismillah/proposal/konjektur/justikasi%20sala3.htm [accessed April 10, 2017].

Hamady.A. & Suryaningtyas. S. (2016). Kemampuan Justifikais Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Pendidkan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang dengan tema: mengembangkan 4C`s (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration) pada tanggal 28 mei 2016. Malang. Online tersedia:

Kolb David. (1984). Experiential Learning, Experiential as the Source of Learning and development. New York. International Inc Publishing.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhasanah, dkk. (2017). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol.2 (2), h. 58-62.

Nurrahmah, A. & Suhendar, A.M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan LKS dan KKS. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol 3 (1), h.1-10.

Sheffield, L. J. (2003). Extending the challenge in mathematics: Developing mathematical promise in K-8 students. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Staples, M. & Bartlo, J.. (2010). Justification as a Learning Practice: Its Purposes in MIddle Grades Mathematics Classrooms. Center of Research in Mathematics Education. (Online), 3 (1) (http://digitalcommons.uconn.edu/merg_docs/3), diakses 4 Oktober 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3885

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yani Supriani, Usep Sholahudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter