Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Himpunan Kelas VII SMP

Santi Arum Puspita Lestari(1*)

(1) Universitas Buana Perjuangan Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen HOTS yang valid dan reliabel pada materi himpunan yang dapat mengukur kemampuan tingkat tinggi siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (developmental research). Produk yang dikembangkan adalah instrumen asesmen HOTS yang berupa soal tes. Populasi penelitian adalah seluruh SMP yang ada di kota Karawang dengan sampel sebanyak 4 sekolah secara acak. Data penelitian berasal dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil validasi para ahli yang melibatkan 3 ahli pendidikan matematika. Data kuantitatif diperoleh dari hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen asesmen HOTS yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP kelas VII. Instrumen asesmen berupa 15 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Instrumen terbukti reliabel tinggi sehingga instrumen sudah memenuhi persyaratan instrumen yang baik. Sedangkan tingkat kesukaran instrumen tergolong sedang dan daya pembeda soal temasuk kriteria baik.

Keywords


Instrumen, Asesmen, Higher Order Thinking (HOTS), Himpunan

Full Text:

PDF

References


Airasian, P. (2005). Assessment in The Classroom: A Concise Approach (2nd Ed). Boston: McGraw-Hill Company.

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objective. New York: Addison Wesley Longman In.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi Cet. IX. Jakarta: Bumi Aksara

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Researcher: An Introduction, 4th Editon. New York: Longman.

Budiman, A. & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2): 139-151.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-ta’dib. Vol. 8, No. 2.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluatio Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teahers of Matematics, Inc.

Poerwanti, E. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. Washington D.C.: National Academy Press.

Stein, M. K. and Lane, S. (1996). Instructional Task and The Development of Student Capacity to Think and Reason: An Analysis of The Relationship Between Teaching and Learning in a Reform Mathematics Project. Educational Research and Evaluation, 2(1): 50-80.

Van de Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah (6th ed.). (Terjemahan Suyono). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3862

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Santi Arum Puspita Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter