Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann's Error Analisis

Muhamad Farhan(1*), Ihwan Zulkarnain(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa pada matakuliah kalkulus peubah banyak dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V tahun akademik 2018/2019 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang sering terjadi pada tahapan reading, transformasi dan process skill, yang meliputi kesalahan memahami soal, kesalahan menentukan formula yang tepat, kesalahan konsep (kesalahan menentukan turunan aljabar dan trigonometri, proses eliminasi dan substitusi serta kesalahan dalam manipulasi bentuk aljabar fungsi gamma). faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan yaitu kurang memahami soal, kurang memahami konsep turunan, integral dan proses eliminasi-substitusi, kurang teliti dalam proses perhitungan dan kurang latihan mengerjakan soal-soal dengan bentuk yang bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Apriandi, D.& Krisdiana, I. (2016).Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut.Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2): 123–134. Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/19.

Febriani, D. E. & Mukhni.(2018).Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newmanpada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang.Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(4): 24–29. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/5563.

Farhan, M.&Retnawati, H. (2014).Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar.Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 227–240. Diambil dari https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Hakim, A. R. (2016).Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Sikap dan Komitmen Diri Peserta Didik pada Pelajaran Matematika.JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika),2(1): 24–36. Diambil dari http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1892.

Haryadi, R., & Nurmaningsih. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus.Jurnal Elemen, 5(1): 1–11. Diambil dari http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel.

Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II.Jurnal “Mosharafa”, 6(2): 181–192. Diambil dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n2_1.

Nasution, N. B. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Materi Fungsi Dua Peubah dengan Newmann’s Error Analysis (NEA).?ELT? Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1): 21–32. Diambil dari https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/download/730/575.

Nur Afifah, D. S., Nafi’an, & Putri.(2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak.MaPan (Jurnal Matematika dan Pembelajaran), 6(2):207–220. Diambil dari https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a7.

Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1): 81–90. Diambil dari https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.957

Seruni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika),4(1): 35–42. Diambil dari http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3060

Sulistyorini, Y. (2017). Analisis Kesalahan dan Scaffoldingdalam Penyelesaian Persamaan Diferensial.Jurnal Pendidikan Matematika KALAMATIKA, 2(1): 91–104. Diambil dari http://dx.doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp91-104.

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar.JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1): 10–23. Diambil dari http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/viewFile/253/199.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhamad Farhan, Ihwan Zulkarnain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter