Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Macromedia Flash pada Materi Fungsi Kuadrat SMA Kelas X

Siska Susetyaningsih(1*)

(1) Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantu Macromedia Flash dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan fungsi kuadrat. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Gita Bahari Semarang tahun ajaran 2018/2019. Sebelum diujicobakan media dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Sehingga diperoleh hasil untuk ahli media 84%, ahli materi 82%, dan angket siswa 84,83%. Jadi media tersebut valid untuk digunakan. Kemudian juga digunakan angket tanggapan siswa, untuk mengetahui pendapat siswa tentang media ini. Berdasarkan analisis akhir dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, diperoleh nilai  yaitu 1,789 > 1,672, maka  ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol.

Keywords


Media Pembelajaran, Macromedia Flash, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andini, D. dan Supriadi, N. (2018). Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2).h. 139-145.

Andinny, Y. dan Lestari, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 169-179.

Muslimin, M. (2017). Teknologi Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masykur, N. &. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 179.

Nilawasti, S.A. dan Utama, N.P. (2013). Penggunaan Macromedia Flash pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Safitri, M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 12.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3703

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siska Susetyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter