Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 terhadap Kemampuan Representasi Matematis

Selvi Loviana(1*), Amalia Safaatin(2)

(1) IAIN Metro
(2) UIN Jurai Siwo Lampung; SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa Indonesia berdasarkan hasil asesmen internasional menunjukkan perlunya inovasi pembelajaran yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep secara visual. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, seperti Adobe Flash CS6. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash CS6 terhadap kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 74 siswa kelas VIII dari tiga sekolah di Kota Metro yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan melalui angket berbasis google form yang terdiri dari 10 pernyataan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar, memudahkan mereka memahami materi, serta mendorong kemampuan representasi dalam bentuk gambar, grafik, simbol, dan model matematika. Temuan utama menunjukkan lebih dari 85% siswa setuju bahwa media ini membantu memahami representasi matematis, dan lebih dari 75% mampu menyusun model matematika serta menyelesaikan soal dengan cara mereka sendiri. Media ini dinilai efektif dalam menjembatani konsep matematika yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan menarik.

Keywords


Adobe Flash CS6; Learning Media; Interactive Media; Mathematical Representations;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, E., & Faridah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Bakery. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(3), 91–96.

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116–121.

Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 102–113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637

Hanafri, M. I., Ramdhan, S., & Nisa, K. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global, 7(2), 38-44. http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v7i2.148

Hutagaol, K. (2013). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Jitendra, A. K., Nelson, G., Pulles, S. M., Kiss, A. J., & Houseworth, J. (2016). Is Mathematical Representation of Problems an Evidence-Based Strategy for Students With Mathematics Difficulties? Exceptional Children, 83(1), 8–25. https://doi.org/10.1177/0014402915625062

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran trigonometri menggunakan Adobe Flash CS3 untuk siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681

Miaz, Y., Helsa, Y., Desyandri, & Febrianto, R. (2018). Cartography in designing digital map using Adobe Flash CS6. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 012069. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012069

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). INTEGRASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1823

Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 125. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293

Ramadani, Y. D., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS6 di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1033-1040.

Saadah, N., & Budiman, I. (2022). Meta analisis: Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis adobe flash pada jenjang SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 221-236.

Sholehah, N. A., Yulianti, K., Gulvara, M. A., Kurniawan, S., & Rofi’ah, N. (2023). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1391-1408.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234.

Widiyastuti, N., & Radia, E. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/PIP.321.9

Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jendela ASWAJA, 3(02), 57–75. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.393

Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PLOS ONE, 13(9), e0204847. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0204847




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.29039

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Selvi Loviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter