Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 terhadap Kemampuan Representasi Matematis
(1) IAIN Metro
(2) UIN Jurai Siwo Lampung; SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, E., & Faridah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Bakery. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(3), 91–96.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116–121.
Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 102–113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637
Hanafri, M. I., Ramdhan, S., & Nisa, K. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global, 7(2), 38-44. http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v7i2.148
Hutagaol, K. (2013). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Jitendra, A. K., Nelson, G., Pulles, S. M., Kiss, A. J., & Houseworth, J. (2016). Is Mathematical Representation of Problems an Evidence-Based Strategy for Students With Mathematics Difficulties? Exceptional Children, 83(1), 8–25. https://doi.org/10.1177/0014402915625062
Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran trigonometri menggunakan Adobe Flash CS3 untuk siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681
Miaz, Y., Helsa, Y., Desyandri, & Febrianto, R. (2018). Cartography in designing digital map using Adobe Flash CS6. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 012069. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012069
Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). INTEGRASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1823
Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 125. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293
Ramadani, Y. D., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS6 di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1033-1040.
Saadah, N., & Budiman, I. (2022). Meta analisis: Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis adobe flash pada jenjang SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 221-236.
Sholehah, N. A., Yulianti, K., Gulvara, M. A., Kurniawan, S., & Rofi’ah, N. (2023). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1391-1408.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234.
Widiyastuti, N., & Radia, E. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/PIP.321.9
Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan Skala Likert Untuk Mengukur Sikap Terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jendela ASWAJA, 3(02), 57–75. https://doi.org/10.52188/ja.v3i02.393
Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PLOS ONE, 13(9), e0204847. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0204847
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.29039
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Selvi Loviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530