Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Materi Pola Bilangan
(1) Universitas Qomaruddin
(2) Universitas Qomaruddin
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan penting yang harus dimiliki siswa adalah Literasi numerasi (LitNum) dengan kemampuan ini siswa dapat mengolah, menyusun, dan memecahkan persoalan matematika untuk membuat keputusan. Penelitian ini penting dilakukan karena LitNum merupakan kompetensi dasar yang dibutuhkan siswa untuk menganalisis dan mengaplikasikan matematika dalam berbagai konteks. Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan LitNum siswa dalam memahami materi pola bilangan. Metode deskriptif kuantitatif diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui sebuah tes berbentuk uraian yang memuat 3 pertanyaan. Berdasarkan analisis, diperoleh informasi mengenai pencapaian indikator kemampuan literasi numerasi: (1) Mampu menganalisis dan memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dengan persentase 78%. (2) Mampu memahami informasi yang divisualisasikan dalam bentuk grafik, bagan, dan tabel dengan persentase 51%. (3) Mampu menginterpretasikan hasil analisis untuk melakukan prediksi dan menarik kesimpulan dengan persentase 62%. Berdasarkan hasil yang ada, dapat disimpulkan bahwa kemampuan LitNum secara akumulatif mencapai kategori tinggi dengan nilai rata-rata persentase sebesar 63,66%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alamsyah, A., Faradiba, S. S., & Alifiani. (2023). KARAKTERISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI POLA BILANGAN. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.14421/quadratic.2023.031-01
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Ernia, N., & Mahmudah, W. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem-based learning untuk melatih literasi numerasi siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1612
Herawati, H., Lamada, M., & Rahman, E. S. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 1–6.
Irmawati, F., & Ilmah, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4917–4921. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1083
Juanti, S., Karolina, R., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.239-248
Kemendikubudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah, 4.
Khoirunnisa, S., Adirakasiwi, A. G., Karawang, U. S., & Ronggo Waluyo, J. H. S. (2023). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP PADA ERA MERDEKA BELAJAR. 6, 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Mangkuwibawa, H., F Ramdhan, D., rifqi mahmud, M., Rachmadani Siswanto, C., & Supriyadi, E. (2024). The Effect of Math Anxiety on Students’ Mathematics Performance with The Mediating Role of Math Self-Efficacy. 16(1), 77–101. https://doi.org/10.4108/eai.18-7-2023.2343390
Muslimah, I. R., & Ladyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi untuk Siswa Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik. 2682(2), 205–218.
Mutakin, T. Z., Mulyatna, F., & Hakim, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20907
Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2020). Pre-service teacher’s ability in solving mathematics problem viewed from numeracy literacy skills. Elementary Education Online, 19(4), 1902–1910. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.762541
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. In OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) Publication (pp1-9). https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Pardede, L. O. E., & Mujazi. (2024). Faktor yang memengaruhi rendahnya literasi numerasi pada kelas rendah di SD Negeri Duri Kepa 11 Jakarta Barat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 121–128. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4900
Pratami, J. W., & Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 180–190. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2312
Pusmendik. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pusat Asesmen Dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.
Rahma, A., & Kurniawati, Y. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 301–308. https://doi.org/10.33087/phi.v8i2.403
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 351–360.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.28974
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Eka Novitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530