Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Reza Murzal(1*), Villia Anggraini(2), Yulia Haryono(3)

(1) Universitas PGRI Sumatera Barat
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kemampuan memahami konsep matematika siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan siswa tampak belum aktif dalam pembelajaran matematika merupakan yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Sampel diambil dengan cara random sampling dimana populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX MTsN 13 Pesisir Selatan. Sampel penelitian yang didapat adalah IX.4 sebagai kelas eksperimen dan IX.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes akhir dengan soal esai. Hipotesis dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh  = 1,96 dan  = 1,67. Karena , maka tolak  pada taraf α = 0,05. Sehingga, disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas IX MTsN 13 Pesisir Selatan.


Keywords


Problem Based Learning; Concept Understanding Ability; Convensional;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2091

Amir, M. . T. (2016). INOVASI PENDIDIKAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). New York: Mc Graw-Hill Education.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih, E. S. B., Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146–157.

Atiaturrahmaniah, A., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(4), 368–375.

Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538

Ichsan, I., Suhaimi, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbaisis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2173–2181.

Irmawati, D. A. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: Cara Gembira Belajar Matematika. Kediri: Pemeral Edukreatif.

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mustapa. (2024). Kelas matematika seru dengan model pembelajaran CRH, RME dan TAI. Indramayu: Penerbit Adab.

Ningsih, E. N., & Haryono, Y. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Inovasi Pembelajaran Matematika Di Era 4.0, 549–561.

Priyatni, P. P., Rubianti, T., & Supriati, N. (2019). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar di kelas V. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(2), 82–89. https://doi.org/10.22460/collase.v2i2.3143

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.566

Rizki, B. F. S., Harjono, A., Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Kelas IV dengan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 6(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9025

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79–83.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709

Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7348

Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368.

Sukarso, A. A., & Lestari, T. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 6(3), 494–503.

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Wibawa, T. P., Eliyarti, W., & Saputra, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 109–118. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.28606

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Reza Murzal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter