Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis
(1) UIN Raden Intan Lampung
(2) UIN Raden Intan Lampung
(3) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Anggraeni, Y., Solihatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS ANEKDOT DI KELAS X AKL SMK NEGERI 1 BAYAH. JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 4(02), 95–102. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/597
Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1–12.
Arum, D. S., & Hanif, M. (2025). Strategi pembelajaran dalam penguatan motivasi untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.61787/q7e2fg24
Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840–850. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3136
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Barokah, N., & Mahmudah, U. (2025). Transformasi pembelajaran matematika SD melalui deep learning: Strategi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521
Darwanto, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). PENGUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH: (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 555–564. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestary, V. S., Wulandar, R., Fadillah, N. N., & Da Al Ismi, M. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Education Research, 4(3), 1566–1570. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.301
Nurmini, M., & Sunarno. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Snowball Throwing. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran|E-ISSN: 3026-6629, 1(2), 343–349. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/65
Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF ESTEEM SISWA MELALUI PEMBELAJARAN HUMANISTIK BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02), 1153–1163.
Rusli, & Badriyah, N. (2024). Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ibadah di MTs. Sabilal Muhtadin. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(2), 471–476.
Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Suri, I. R. A., Mujib, M., & Larissa, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 224–231. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14820
Yampap, U., & Kaligis, D. A. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.186
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.28119
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530