Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis

Indah Resti Ayuni Suri(1*), Rizki Wahyu Yunian Putra(2), Dita Sukma Agustina(3)

(1) UIN Raden Intan Lampung
(2) UIN Raden Intan Lampung
(3) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan berpengaruh pada variabel atau tidak. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental, sampel dipilih melalui Cluster Random Sampling, dan data dianalisis menggunakan MANOVA dengan signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan pertama dengan nilai p-value 0,000 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah, kesimpulan kedua dengan nilai p-value 0,034 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap disposisi matematis, dan kesimpulan ketiga dengan nilai p-value 0,000 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik.

Keywords


Snowball Throwing; Problem-Solving Abilities; Mathematical Dispositions;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Anggraeni, Y., Solihatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS ANEKDOT DI KELAS X AKL SMK NEGERI 1 BAYAH. JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 4(02), 95–102. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/597

Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1–12.

Arum, D. S., & Hanif, M. (2025). Strategi pembelajaran dalam penguatan motivasi untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.61787/q7e2fg24

Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840–850. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3136

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Barokah, N., & Mahmudah, U. (2025). Transformasi pembelajaran matematika SD melalui deep learning: Strategi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521

Darwanto, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). PENGUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH: (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 555–564. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestary, V. S., Wulandar, R., Fadillah, N. N., & Da Al Ismi, M. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Education Research, 4(3), 1566–1570. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.301

Nurmini, M., & Sunarno. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Snowball Throwing. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran|E-ISSN: 3026-6629, 1(2), 343–349. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/65

Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF ESTEEM SISWA MELALUI PEMBELAJARAN HUMANISTIK BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02), 1153–1163.

Rusli, & Badriyah, N. (2024). Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ibadah di MTs. Sabilal Muhtadin. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(2), 471–476.

Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Suri, I. R. A., Mujib, M., & Larissa, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 224–231. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14820

Yampap, U., & Kaligis, D. A. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 125–134. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.186




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.28119

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter