Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Literasi Matematika

Kirana Septianti(1*), Suharti Suharti(2), Andi Ika Prasasti Abrar(3), Baharuddin Baharuddin(4), Andi Kusumayanti(5)

(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(3) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(4) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(5) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas 7 MTsN dalam menyelesaikan soal-soal HOTS berdasarkan tingkat literasi matematika, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi variasi kemampuan tersebut. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan 31 siswa MtsN di Gowa kelas 7 dan guru matematika sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan siswa dengan literasi matematika tinggi mampu menyelesaikan soal HOTS dengan struktur jawaban yang tepat. Siswa dengan kemampuan sedang memahami konsep tetapi kurang tepat dalam menyajikan jawaban. Sementara itu, siswa kemampuan rendah belum memahami konsep soal dan tidak berinisiatif dalam mencari solusi. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan tinggi meliputi pemahaman konsep yang kuat, aktif diskusi, pemanfaatan teknologi, dan minat belajar. Faktor kemampuan sedang dipengaruhi oleh kurangnya komunikasi, dan kurangnya penggunaan teknologi. Sedangkan kemampuan rendah dipengaruhi oleh lemahnya pemahaman konsep, motivasi belajar rendah, kesalahan penggunaan teknologi, dan minimnya minat belajar.

Keywords


HOTS; Mathematical Literacy; Student Abilities;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Reisky, B., & Zamroni. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Pedagogi (pp. 65–80).

Astuti, Y. D., & Sabon, Z. A. K. W. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Dalam Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Pada Level 5 Pisa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.766

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–203.

Heryani, Y., Kartono, Wijayanti, K., & Dewi, N. R. (2023). Analysis of Student’s Mathematical Literacy Ability in Solving HOTS Problems in Minimum Competency Assessment. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(16), 143–157. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i16.6470

Inderasari, E., Oktavia, W., Agustina, T., & Fajriyani, N. (2019). Higher Order Thinking Skill Taksonomi pada Analisis Kebahasaan Butir Soal Bahan Ajaar Bahasa Indonesia Tingkat SMA / MA. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 110–114.

Istikhoirini, E., & Fitri, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 73–86.

Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966–1977.

Masita, D. N., Khoirotunnisa, A. U., & Astuti, R. P. F. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Seminar Nasional FPMIPA 2023, 56, 87–93.

Mita Miranda Sitanggang, & Edi Syahputra. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skills. Journal of Student Research, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.2081

Nelly, S. (2023). Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 1 Kelas VI Di SD Negeri 2 Tonatan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pujiana, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Ratri, A. K., & Setyaningsih, N. (2020). Analisis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Berorientasi High Order Thinking Skills. Prosiding, 162–175.

Setyaningsih, N., & Fatimah, S. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1943–1951.

Sidabutar, E. R., Simanjuntak, R. M., & Hutauruk, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Dan Self-Regulated Learning Pada Materi SPLTV Di SMA Swasta Pamasta Tanjung Morawa. INNOVATIVE:Journal Of Social Science Research, 3(2), 5926–5939.

Simamora, K. A. L. G., & Tilaar, A. L. F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe HOTS. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1139

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (20th ed.). Alfabeta,CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.28084

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 kirana septianti29

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter