Kajian Literatur tentang Integrasi AI dalam Pendidikan Matematika: Potensi dan Tantangan

Ahmad Mumtaz Anwari(1*), Ishaq Nuriadin(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini penting dilakukan untuk menjawab kesenjangan antara potensi teknologi dan implementasi aktual di sekolah, serta memberikan rekomendasi strategis yang kontekstual dan beretika. Tujuan kajian ini adalah mengeksplorasi penggunaan ChatGPT dalam pendidikan matematika, serta mengidentifikasi manfaat, tantangan, dan strategi implementasi yang relevan. Penelitian menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) terhadap 15 artikel jurnal terpilih dari database Scopus (Q1–Q4) dan SINTA 2 yang diterbitkan antara tahun 2022–2024. Analisis dilakukan secara tematik untuk menggali pola pemanfaatan, persepsi pengguna, serta kendala dan peluang integrasi ChatGPT dalam konteks pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa ChatGPT dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempercepat proses pengajaran, dan membantu personalisasi pembelajaran. Namun, tantangan seperti ketergantungan teknologi, keterbatasan pada soal yang kompleks, dan rendahnya literasi digital masih menjadi hambatan. Kajian ini merekomendasikan pelatihan literasi AI bagi guru, kebijakan penggunaan yang etis, serta pendekatan yang adaptif terhadap kebutuhan pendidikan matematika.

Keywords


Artificial Intelligence; ChatGPT; Mathematics Education;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adiguzel, T., Kaya, M. H., & Cansu, F. K. (2023). Revolutionizing education with AI: Exploring the transformative potential of ChatGPT. Contemporary Educational Technology, 15(3), ep429. https://doi.org/10.30935/cedtech/13152

Aviory, K., Setianingsih, D., & Widiatmoko, F. (2024). The Effect of Learning Mathematics with Digital Platforms. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1977

Bengtsson, M., & Raza-Ullah, T. (2016). A systematic review of research on coopetition: Toward a multilevel understanding. Industrial Marketing Management, 57, 23–39. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2016.05.003

Brown, T., Mann, B., Ryder, N., Subbiah, M., Kaplan, J. D., Dhariwal, P., Neelakantan, A., Shyam, P., Sastry, G., & Askell, A. (2020). Language models are few-shot learners. Advances in Neural Information Processing Systems, 33, 1877–1901. https://proceedings.neurips.cc/paper_files/paper/2020/hash/1457c0d6bfcb4967418bfb8ac142f64a-Abstract.html?utm_source=transaction&utm_medium=email&utm_campaign=linkedin_newsletter

Costa, A. R., Lima, N., Viegas, C., & Caldeira, A. (2024). Critical minds: enhancing education with ChatGPT. Cogent Education, 11(1), 2415286. https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2415286

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Egara, F. O., & Mosimege, M. (2024). Exploring the integration of artificial intelligence-based ChatGPT into mathematics instruction: Perceptions, challenges, and implications for educators. Education Sciences, 14(7), 742. https://doi.org/10.3390/educsci14070742

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature review: kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran creative problem solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337–348. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071

Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 159–168. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635

Govender, R. (2023). The impact of artificial intelligence and the future of ChatGPT for mathematics teaching and learning in schools and higher education. Pythagoras, 44(1), 1–2. https://doi.org/10.4102/pythagoras.v44i1.787

Guler, N., Dertli, Z., Boran, E., & Yildiz, B. (2024). An artificial intelligence application in mathematics education: Evaluating ChatGPT’s academic achievement in a mathematics exam. Pedagogical Research, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.29333/pr/14145

Hanan, H., & Sugiman, S. (2024). Dampak Artificial Intelligence terhadap Belief Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 339–361. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3852

Harnawati, H., & Hidayati, U. (2024). Persepsi mahasiswa calon guru matematika terhadap pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks pembelajaran. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 50–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.389

Ishartono, N., Chalista, F. P., Palupi, R., Adhantoro, M. S., & Siswanto, H. (2024). Adopsi dan Transformasi Teknologi AI dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru Mapel Matematika SMA di Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 159–168.

Jalon Jr, J. B., Chua, G. A., & de Luna Torres, M. (2024). ChatGPT as a Learning Assistant: Its Impact on Students Learning and Experiences. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 12(6), 1603–1619. https://doi.org/10.46328/ijemst.4471

Judijanto, L., Selviana, R., Rahmawati, E., Magdalena, L., Amilia, I. K., Fanani, M. Z., Yusufi, A., Sudipa, I. G. I., Prasetyo, D., & Nampira, A. A. (2025). Optimalisasi ChatGPT: Panduan dan Penerapan untuk Belajar, Mengajar, dan Membuat Konten Tanpa Batas. Bantul: PT. Green Pustaka Indonesia.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Muhamad, M., Arif, A. M., Saputra, A., Ratnasari, D., Aryani, N., Hadawiyah, R. A., & Hartoyo, S. (2025). INOVASI DALAM PENDIDIKAN: OPTIMALISASI PENGGUNAAN PROMPT CHATGPT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 6(1), 484–493. https://doi.org/10.46306/jabb.v6i1.1446

Manuaba, I. B. K., Erwanto, D., Judijanto, L., Harto, B., Sa’dianoor, H., Supartha, I. K. D. G., Wahyudi, F., Pandia, M., & Kelvin, K. (2024). TEKNOLOGI ChatGPT: Pengetahuan Dasar dan Pemanfaatan kombinasi keahlian dengan ChatGPT di berbagai Bidang. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Marissa, E. I., & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pendekatan Matematika Realistik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 219–230. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17399

Maryani, I. (2025). Artificial intelligence dalam pendidikan: sebuah bunga rampai. Bantul: K-Media.

Mertayasa, I. K., Yhani, P. C. C., & Saputra, P. W. (2025). Revolusi Pendidikan Dengan Chatgpt: Systematic Literature Review Pemanfaatan Dan Dampaknya Dalam Transformasi Pendidikan. Journal Of Indonesian Scholars For Social Research, 5(1 Special Issues), 107–122.

Nasrulloh, I., Ibrahim, N., & Solihatin, E. (2024). Improving Mathematical Problem-Solving Skills through the Development of Interactive Digital Modules. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 17–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1972

Nujum, N., & Hadi, M. S. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media AI terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1333–1341. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6870

Nurhayani, S., Cahyani, R., & Saefuloh, N. A. (2025). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELEGENCE. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 10(1). https://doi.org/10.30999/ujmes.v10i1.3392

Rahman, M., Saragih, S., & Murni, A. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 281–292. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8161

Sangalang, E. M. (2024). Teachers’ Familiarity, Perceptions, and Training Needs on the Use of ChatGPT in Mathematics Instruction. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 12(6), 1471–1487. https://doi.org/10.46328/ijemst.4332

Sekarsari, K., Maharani, S., & Setyansah, R. K. (2024). DEVELOPMENT OF “AVATAR” LEARNING MEDIA USING SMART APPS CREATOR (SAC) TO IMPROVE STUDENT ABSTRACTION ABILITY. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 14–24. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8259

Sinaga, M. (2024). Peran dan tantangan penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan (SNKP), 2, 115–121. https://www.ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2147

Siregar, G. M. A., Wahyudin, W., Herman, T., & Prabawanto, S. (2024). Leveraging Computer Assisted to Enhance the Effectiveness of Direct Instruction in Supporting Students’ Mathematical Reasoning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1686

Smith, P., & Smith, L. (2024). Artificial Intelligence (AI) and Ethics. International Journal of Computer Auditing, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.53106/256299802024120601006

Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., Prayogi, A., & Laksana, S. D. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence (AI) Dalam Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 232–243. https://doi.org/10.5281/zenodo.14874510

Suganda, A. (2023). MEMILIH AI YANG TEPAT UNTUK GURU: PERBANDINGAN FITUR GEMINI, CHATGPT, DAN CLAUDE AI. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(11), 2. https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.2

Sugiarto, S., & Sulindra, I. M. (2024). Pemanfaatan teknologi artificial intelligence dalam efektifitas pembelajaran mahasiswa universita samawa. Jurnal Kependidikan, 9(1), 70–79.

Suryani, L., Fadila, A., & Andriani, S. (2024). Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 263–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971

Tarumasely, Y., Halamury, M., Sipahelut, J., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi AI; Membaca Perubahan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa di Indonesia. Lamongan: Academia Publication.

Wardat, Y., Tashtoush, M. A., AlAli, R., & Jarrah, A. M. (2023). ChatGPT: A revolutionary tool for teaching and learning mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(7), 1–18. https://doi.org/10.29333/ejmste/13272

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Zaheer, M., Munir, S., & Sherazi, S. N. (2024). Exploring the Issues and challenges of online assessment and evaluation in the era of artificial intelligence. Journal of Asian Development Studies, 13(1), 185–197. https://doi.org/10.62345/jads.2024.13.1.16

Zakaria, R., Herwanis, D., Wahyuni, S., Abadi, A., Susidamaiyanti, Umar, A., & Mandasari, L. (2024). AI in English and Math Education: Bridging the Gap Between Theory and Practice. Communications on Applied Nonlinear Analysis, 31(6S), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.27633

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 AHMAD MUMTAZ ANWARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter