Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika

Nuranita Adiastuty(1*), Nunu Nurhayati(2), Muhamad Kafin Gani Ganya'il(3)

(1) Universitas Kuningan
(2) Universitas Kuningan
(3) Kuningan University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif materi statistika. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D atau pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Sumber data penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuisioner atau angket dan melalui observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dari verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan ahli materi 86,36% “sangat valid”, ahli media 96,92% “sangat valid”, kepraktisan peserta didik 91,33% “sangat praktis”, dan kepraktisan guru 96% “sangat praktis”. Hasil pengujian peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan N-Gain sebesar 0,32 dalam kategori “sedang”. Kesimpulannya media pembelajaran sangat valid dan layak untuk diimplementasikan, praktis, dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Keywords


Problem Solving Abilities; ADDIE; Interactive Learning Media;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2091

Afrilina, A. R., Haryono, Y., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika ), 2682(1), 15–28. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843

Andini, I. Z. T., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 56–65. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3144

Apriliyani, S. W., Hartati, L., & Rahmatulloh, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148

Ariani, R., & Festiyed. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107439

Arrum, A. H., & Fuada, S. (2021). Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR). ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 502–510. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1181

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/617

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Dewi, P. R. (2021). Perbandingan Articulate dan Power Point Interaktif sebagai Teknologi Penunjang TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Materi Sistem Saraf. Skripsi: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan.

Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 197–202. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715

Fadjarajani, S., Indrianeu, T., Haekal, Purnama, Y. I., Abdullah, G., Saleh, M., Hasanudin, C., Srinawati, W., Kurniawan, P. Y., Riyanto, S., Sriekaningsing, A., Mumtahana, H. A., Widyaningrum, H. A., Nasir, M., & Rahmat, A. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Kota Gorontalo: Ideas Publishing.

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Haq, V. A. (2022). Menguji Validitas dan Reliabilitas pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Menggunakan Korelasi Produk Momen Spearman Brown. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i1.419

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. https://doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402

Khoriyani, R. P., & Nurhakim, L. (2023). Analisis Miskonsepsi Geometri pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Anjongan. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 13–22. https://mathedu.joln.org/index.php/edu/article/view/6

Mardiyati, A. P., Al Hasyir, M. I. A. H., & Mulyatna, F. (2024). Ethnomathematics: Exploring Mathematical Concepts in the Art of Lenggang Nyai Dance. MathSciEdu: Journal of Mathematics and Science Education, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.19109/MathSciEdu.v1i1.22172

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3il.2127

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Rahma, A. A. (2021). Efektivitas penggunaan virtual lab phet sebagai media pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47–51. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/808

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456

Rohendi. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Statistika. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 398–404. https://doi.org/10.51878/science.v2i3.1591

Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826

Simamora, R., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy througt Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5797/4150

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika video interaktif berbasis multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26692

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhamad Kafin Gani Ganyail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter