Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pendekatan Model STEAM Berorientasi Etnomatematika

Nova Kurniawati(1*), Rahmad Bustanul Anwar(2), Sudarman Sudarman(3)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung
(3) Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial dalam pendidikan matematika, terutama di era abad ke-21. Artikel ini mengkaji efektivitas pendekatan STEAM berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan ini mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika dengan konteks budaya lokal, sehingga membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Melalui metode systematic literature review, 20 artikel yang relevan dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan STEAM berorientasi etnomatematika efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta memperdalam pemahaman konsep matematika. Pembelajaran berbasis budaya lokal tidak hanya mendukung keterampilan kognitif, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dan mengurangi persepsi negatif terhadap matematika. Berdasarkan temuan tersebut, artikel ini merekomendasikan penggunaan pendekatan STEAM berbasis etnomatematika sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika yang kontekstual dan relevan, yang dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Keywords


Critical Thinking; STEAM; Ethnomathematics; SLR;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313–320. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2642

Aisyah, N. A., Abdullah, A. A., Mubarrok, M. N., Adawiya, R., & Dyahsih, A. S. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10.

Ardianingsih, A., Lusiyana, D., & Rahmatudin, J. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan HOTS Matematik Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 148–161. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.117

Ashari, I. M. Al, Lubis, D. A., Arianto, L., & Amidi. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 2021. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.94

Azizah, A., Munawar, M., & Khasanah, I. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Harapan Bunda Semarang. Jurnal Wawasan Pendidikan, 2(2), 593–599. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10059

Azmi, U., Nasution, W. N., & Reflina. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Pada Permaianan Engklek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 117–122. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/821

Berjamai, G. S., & Davidi, E. I. N. (2020). Kajian Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(1), 44–49.

Darmawan, I. M. A., Sariyasa, & Gunamantha, I. M. (2021). Implementasi Etnomatika Berbasis Permainan Tradisional terhadap Berpikir Kritis dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Siswa Kelas II SD. PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 31–42. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.255

Dewi, S. N., & Sutriyani, W. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 5(7), 2752–2759. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i7.1340

Emilidha, W. P., Wardono, W., & Waluya, B. (2024). Integrasi STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 301–308. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2966

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.933

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan. Inspiratif Pendidikan, X(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi FS, C. A. (2020). Kecemasan Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312

Lianti, Lukman Harun, & Agnita Siska Pramasdyahsari. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11619

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5929

Nurjanah, & Purwantoyo, E. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Steam untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 211–217. https://proceeding.unnes.ac.id/semnasbiologi/article/view/2731

Permata, R. A., Rafida, T., & Sitorus, A. S. (2023). Pengaruh PembeIajaran STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Fathimaturridha Medan. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 170–182. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.170-182

Putri, A. S., Prasetyo, Z. K., Purwastuti, L. A., Prodjosantoso, A. K., & Putranta, H. (2023). Effectiveness of STEAM-based blended learning on students’ critical and creative thinking skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 44–52. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.22506

Putri, W. A., Alpusari, M., Fendrik, M., Fkip, P., & Riau, U. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Geometri untuk Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(01), 1897–1910. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2730

Rahma, R., & Isralidin, I. (2022). Implementasi STEAM Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(1), 33–37.

Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. JOTE: Journal of Education Teacher Education, 4(1), 190–201. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5838

Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1–10.

Santoso, A. M., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123

Saputra, E., Jamilah, J., & Susiaty, U. D. (2022). Pengembangan E-Modul Etnomatematika Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.176

Sari, D. P., Hasanah, D., & Barriyah, I. Q. (2023). Model Pembelajaran Berbasis STEAM Projek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Edukasi : Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(02), 165–180. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10489

Sari, M. E. R., Mashar, R., & Hendriani, H. (2021). Pendekatan STEAM Dapat Meningkatkan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 343–350. https://seminar.uad.ac.id/index.php/SemNasPPG/article/view/11846

Sarwoedi, Widada, W., & Herawaty, D. (2023). Pengaruh problem-based learning berbasis etnomatematika Rejang Lebong terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 31–34. https://doi.org/10.33292/amm.v1i1.5

Sastrawati, E., & Guspita, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1029. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8958

Septiani, A., Pujiastuti, H., & Faturrohman, M. (2022). Systematic Literature Review: Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7882–7893. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4263

Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483

Suherman, S., & Vid´akovich, T. (2022). Assessment of mathematical creative thinking: A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44(June), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Syaiful, M. S. R., Masrukan, M., & Agoestanto, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Project Based Learning Berbantuan Etnomatematika Android. Numeracy, 10(2), 80–93. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2289

TIMSS. (2015). International Mathematics Achievement.

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi pembelajaran STEM pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal on Education, 5(4), 11385–11396. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2081

Zulaeha, S., Lestari, D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi himpunan. Maju, 8(1), 82–90. https://www.neliti.com/publications/502852/analisis-kemampuan-berpikir-kritis-matematis-siswa-smp-pada-materi-himpunan




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26356

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nova Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter