Studi Komparatif Kemampuan Numerasi Siswa SMP Berdasarkan Jenis Kelamin di Kabupaten Lebak Banten

Siti Maryam(1*), Dwi Yulianto(2), Egi Adha Juniawan(3)

(1) Universitas La Tansa Mashiro
(2) Universitas La Tansa Mashiro
(3) Universitas La Tansa Mashiro
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan numerasi siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode yang dilakukan adalah survei cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 864 siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak-Banten dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling (Isaac dan Michael) dikarenakan jumlah populasi yang terlalu besar sehingga ditetapkan sebanyak 266 siswa SMP dari empat sekolah. Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, tes numerasi yang diadposi dari soal AKM, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan numerasi dengan tipe essay sebanyak 5 soal yang sudah valid dengan reliabilitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji t. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mempunyai kemampuan numerasi yang berbeda, yang dimana siswa perempuan lebih unggul dibandingkan siswa laki-laki.


Keywords


Gender; Numeracy Ability; Lebak Regency;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ana, M. S. A., Taga, G., & Suryani, L. (2022). PENGARUH MINAT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KRISTEN ENDE. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 5(2), 165–171. https://doi.org/10.37478/jupika.v5i2.1706

Anwar, S., & Yulianto, D. (2023). Profil Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gender dan Level Sekolah. Geomath, 3(1), 53. https://doi.org/10.55171/geomath.v3i1.876

Azis, A. L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di SMKN 4 Makassar. Tesis: Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar.

Cahyadi, D. B., & Roesdiana, L. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. Didactical Mathematics, 5(2), 564–572. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6290

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a

Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Strengthening Literacy, Numeracy, and Technology Adaptation in School Learning (An Effort to Face the Digital Era and Disruption). Eksponent, 11(2), 26–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Fatimah, R. N., Kariadinata, R., Susilawai, W., Jihad, A., Fauziah, I. N., Solihatunnisa, L., Rosalia, N., Sa’adah, N., & Sugilar, H. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding Pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Fikriya, A., Waluya, S. B., & Sunarmi, S. (2018). The Analysis of Adaptive Reasoning Ability Reviewed from Student’s Confidence in Ethnomathematics Based Treffinger Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 100–107. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.24941

Fitriah, L. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Antasari Banjarmasin pada Perkuliahan Fisika Dasar 1 dalam Setting Strategi Motivasi ARCS. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 157. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4917

Geiger, V. (2016). Teachers as Designers of Effective Numeracy Tasks. Merga, 2013, 254–261.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar (15th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI NUMERASI (L. A. Mayani (ed.)). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasibuan, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL POLYA DI SEKOLAH DASAR. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya II (KNPMP II), 3(18 Maret 2018), 290–300. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.107

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770

Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Gender. Natural Science Education Research, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489

Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Numeracy Literacy Skills of Elementary School Students through Ethnomathematics-Based Problem Solving. Interdisciplinary Social Studies, 2(2), 1604–1616. https://doi.org/10.55324/iss.v2i2.316

Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499

Mardiyati, A. P., Al Hasyir, M. I., Khotimah, S. K., & Mulyatna, F. (2024). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AL-ALAM CILINCING. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 1346–1360.

Masfufah, H. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Scaffolding. Skripsi: Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Mehraein, S., & Gatabi, A. R. (2014). Gender and Mathematical Modelling Competency: Primary Students’ Performance and their Attitude. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 198–203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.143

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48–51. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Nashirulhaq, N., Nurzaelani, M. M., & Raini, Y. (2022). Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi di Jenjang Pendidikan SMP. Prosiding Teknologi Pendidikan, 118–122.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107–126. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Nuriyatin, S., & Agustina, E. N. S. (2022). The Relationship Between Mathematical Literacy Ability and Gender in Grade VIII. JEDMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.51836/jedma.v3i1.408

Nurtiana, N., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Self-Efficacy. Sesiomadika, 4(1), 518–532.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261

Prahasta, R., Tampubolon, B., & Ghasya, D. A. V. (2023). Peranan Orang Tua dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Hubungannya dengan Hasil Belajar Pasca Covid. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2350–2365.

Rahmawati, N. D., Komarudin, & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 333–340. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 351–360.

Septiyan, I., & Pujiastuti, H. (2019). Motivasi Belajar matematika siswa pondok pesantren modern berdasarkan perbedaan gender: Studi kasus pada siswa Assaadah. Jurnal Analisa, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.3947

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, E., Suryani, N., Siswandari, & Mardiyana. (2023). Students’ mathematical literacy skill in term of gender differences: A comparative study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(4), 2280–2285. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.27224

Suryani, L., Fadila, A., & Andriani, S. (2024). Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 263–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971

Wibowo, F. A. N., Murtianto, Y. H., & Sutrisno, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 133–146. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064

Wigati, T. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD pada Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pendekatan PMRI. Tesis: Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE NUMERASI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) BERDASARKAN TAHAPAN POLYA. GeoMath, 2 Nomor: 1(2), 42–60.

Yulianto, D., Juniawan, E. A., Junaedi, Y., Anwar, S., & Umami, M. R. (2024). Fostering Mathematical Motivation with Wordwall Media : A Study of the ARCS Model ( Attention , Relevance , Confidence , and Satisfaction ) Based on Sex Among High School Students. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 08(02), 173–196. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11186

Zahro, K. Z., & Sulaiman, R. (2022). Profil Penalaran Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Akm Literasi Numerasi Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 72–83. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7197




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.26034

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti - Maryam, Dwi - Yulianto, Egi Adha Juniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter