Implementasi Geogebra dalam Memfasilitasi Self-Regulated Learning Matematika
(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) SCOPUS ID: 57212465049, Universitas PGRI Yogyakarta.
(3) SMKN 4 Yogyakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(5) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(6) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abror, M. H. (2022). Self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1100
Baeng, H. D. P. S., Dartiningsih, M. W., & Susanta, I. W. (2021). PENGARUH SELF-REGULATION (PENGATURAN DIRI) TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI MM1 SMK NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 12(2), 2232. https://doi.org/10.59672/jbk.v12i2.1651
Cahyana, N., Rustiani, S., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Geogebra. Journal of Education Research, 5(4), 43914399. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1574
Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB TANTANGAN ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 139146.
Ernita, Isnarto, & Suyitno, A. (2024). Improving Mathematical Creativity Through Self- Regulated Learning in a Problem-Based Learning Model Supported by GeoGebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 139151. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1982
Fitri Hidayani Sagala, A., & Rahmi Sagala, M. (2023). Penggunaan GeoGebra dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linear. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 2(1), 1726. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1162
Harahap, A. A. S., & Yahfizham. (2024). 10.+Ananda+Aditya+Sari+H. Consistan, Jurnal Tadris Matematika, 2(01), 118125. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/CONSISTAN/article/view/1347
Harahap, D. P. (2023). Meningkatkan Self Regulated Learning pada Siswa Melalui Strategi Belajar Berdasar Regulasi Diri. Journal on Education, 5(3), 70567068. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1494
Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan aplikasi geogebra untuk pembelajaran matematika (dasar). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
Kurniawan, I., & Rahadyan, A. (2022). Improving Self-Regulated Learning and Creativity of Students through GeoGebra in Solving Spatial Geometry Problems. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 8996. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6749
Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Pengaruh geogebra online berbasis scaffolding dan tingkat self regulate learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 124136. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.34499
Mulyani, A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Dan Self-Regulated Learning Peserta Didik: Sebuah Implementasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(3), 242249. https://doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.25795
Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854
Novianska, M., Romdanih, & Nur Hasanah. (2021). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, III(1), 385397. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1322
Nurhayati, Y., & Nimah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 233246. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866
Prayoga, S. A. (2024). Systematic Literature Review: Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 2438. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika4243
Rafidah, R., & Maharani, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Geogebra sebagai Media Kreatifitas Siswa SMA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 8088. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.687
Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456
Rizal, K. S., & Jana, P. (2020). MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 8993. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/475
Setiawan, A. B., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Geogebra Materi Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 27292738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2389
Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., Rahmawati, A., & Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan aplikasi geogebra pada pembelajaran matematika. Journal on Education, 5(3), 81518162. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602
Trisnawati, A. (2018). Self Regulated Learning mahasiswa pada pembelajaran kooperatif stad dipadu dengan blended learning dalam matakuliah kimia analisis instrumentasi. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 612. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.409
Yanti, A. W., Mayarani, T., & Jaelani, A. (2024). Membangun Pembelajar Mandiri: Kontribusi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa pada Pembelajaran Matematika. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 282292. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika42421
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.25795
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Linggar Aldianta, Padrul Jana, Marsiyam Marsiyam, Wharyanti Ika Purwa Ningsih, Ainun Hamidah, Andi Suparlan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530