Implementasi Geogebra dalam Memfasilitasi Self-Regulated Learning Matematika

Linggar Aldianta(1*), Padrul Jana(2), Marsiyam Marsiyam(3), Wharyanti Ika Purwa Ningsih(4), Ainun Hamidah(5), Andi Suparlan(6)

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) SCOPUS ID: 57212465049, Universitas PGRI Yogyakarta.
(3) SMKN 4 Yogyakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(5) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(6) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan Self-Regulated Learning (SRL) memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Self-Regulated Learning siswa dengan menerapkan aplikasi GeoGebra pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 2 Gamping yang berjumlah 33 siswa. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada guru dan siswa mengalami kenaikan untuk setiap siklusnya. Hasil penelitian diperoleh bahwa Self-Regulated Learning siswa dengan menggunakan aplikasi GeoGebra pada pembelajaran matematika meningkat pada setiap siklus. Hal ini terlihat dari kenaikan hasil tes siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari siklus pertama dan siklus kedua. Kenaikan juga dibuktikan dari capaian di setiap indikator Self-Regulated Learning. Sehingga, pembelajaran matematika menggunakan aplikasi GeoGebra dengan melaksanakan seluruh tahapan kegiatan pembelajaran di kelas, dapat meningkatkan Self-Regulated Learning siswa SMP.

Keywords


GeoGebra; Self-Regulated Learning; Classroom Action Research;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abror, M. H. (2022). Self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1100

Baeng, H. D. P. S., Dartiningsih, M. W., & Susanta, I. W. (2021). PENGARUH SELF-REGULATION (PENGATURAN DIRI) TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI MM1 SMK NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling: Kajian Dan Aplikasi, 12(2), 2232. https://doi.org/10.59672/jbk.v12i2.1651

Cahyana, N., Rustiani, S., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Geogebra. Journal of Education Research, 5(4), 43914399. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1574

Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB TANTANGAN ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 139146.

Ernita, Isnarto, & Suyitno, A. (2024). Improving Mathematical Creativity Through Self- Regulated Learning in a Problem-Based Learning Model Supported by GeoGebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 139151. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1982

Fitri Hidayani Sagala, A., & Rahmi Sagala, M. (2023). Penggunaan GeoGebra dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linear. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 2(1), 1726. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1162

Harahap, A. A. S., & Yahfizham. (2024). 10.+Ananda+Aditya+Sari+H. Consistan, Jurnal Tadris Matematika, 2(01), 118125. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/CONSISTAN/article/view/1347

Harahap, D. P. (2023). Meningkatkan Self Regulated Learning pada Siswa Melalui Strategi Belajar Berdasar Regulasi Diri. Journal on Education, 5(3), 70567068. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1494

Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan aplikasi geogebra untuk pembelajaran matematika (dasar). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170

Kurniawan, I., & Rahadyan, A. (2022). Improving Self-Regulated Learning and Creativity of Students through GeoGebra in Solving Spatial Geometry Problems. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 8996. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6749

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Pengaruh geogebra online berbasis scaffolding dan tingkat self regulate learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 124136. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.34499

Mulyani, A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Dan Self-Regulated Learning Peserta Didik: Sebuah Implementasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(3), 242249. https://doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.25795

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Novianska, M., Romdanih, & Nur Hasanah. (2021). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, III(1), 385397. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1322

Nurhayati, Y., & Nimah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 233246. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866

Prayoga, S. A. (2024). Systematic Literature Review: Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 2438. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika4243

Rafidah, R., & Maharani, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Geogebra sebagai Media Kreatifitas Siswa SMA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 8088. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.687

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456

Rizal, K. S., & Jana, P. (2020). MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 8993. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/475

Setiawan, A. B., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Geogebra Materi Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 27292738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2389

Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., Rahmawati, A., & Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan aplikasi geogebra pada pembelajaran matematika. Journal on Education, 5(3), 81518162. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602

Trisnawati, A. (2018). Self Regulated Learning mahasiswa pada pembelajaran kooperatif stad dipadu dengan blended learning dalam matakuliah kimia analisis instrumentasi. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 612. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.409

Yanti, A. W., Mayarani, T., & Jaelani, A. (2024). Membangun Pembelajar Mandiri: Kontribusi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa pada Pembelajaran Matematika. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 282292. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika42421




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.25795

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Linggar Aldianta, Padrul Jana, Marsiyam Marsiyam, Wharyanti Ika Purwa Ningsih, Ainun Hamidah, Andi Suparlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter