Peran Resiliensi Matematis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
(1) SMKS 28 Oktober 1928.II
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematis dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama, mengetahui pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Uji statistik yang digunakan yaitu regresi ganda. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 91 siswa yang dipilih dengan menggunakan random sampling technique. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan antara resiliensi matematis dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama sebesar 28,09%; terdapat pengaruh signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 27,04%; terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 28,09%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5286
Amri, S., Widada, W., Susanta, A., & Zamzaili, Z. (2020). Mathematical Problem Solving Capabilities: Self-confidence, Self-efficacy, Emotional Intelligence, and Concept Understanding Ability. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 20–26. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.20-26
Ashari, N. W., Ilyas, M., & Halim, R. F. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Proximal (Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika), 3(2), 16–23. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3678
Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29281
Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/617
Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020). The mathematical problem-solving ability of junior high school students based on their mathematical resilience. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012152
Brahmansyah, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 282–289. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/5750
Callaman, R. A. (2023). Mathematics Resiliency in the New Normal: A Theory Development. Brillo Journal, 2(2), 122–135. https://doi.org/10.56773/bj.v2i2.34
Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 159–168. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635
Ghifari, S. S. Al, & Usdiyana, D. (2023). Hubungan resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 529–535. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66770
Ginat, D. (2022). Problem Solving of Mathematical Games. In B. Sobota (Ed.), Game Theory - From Idea to Practice (p. Ch. 1). IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.108520
Hafiz, M., & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of mathematical resilience among students with problem based learning and guided discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12098. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098
Hafriani, H. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63–80. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974
Hak, A. A., Rum, M., & Muhamad Azwar. (2021). Memilih Profesi Pustakawan: Antara Kecerdasan Emosional dan Pengembangan Karir. Jakarta: Adabia Press. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54698
Harsela, K., & Asih, E. C. M. (2020). The level of mathematical resilience and mathematical problem-solving abilities of 11th grade sciences students in a senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032053
Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
Khoirunisa, L., & Hartati, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa, 3(2), 106–114. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2011
Kintoko, K., Suprihatiningsih, S., & Harmini, T. (2023). Mengelola Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 109–114. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1152
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP DI TINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 933–940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p933-940
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360
Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Ningsih, R. S., Rif’at, M., & Hartoyo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48069
Putri, N. T. A. (2023). Hubungan Self-efficacy dan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI MAN 1 Jepara [Skripsi: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/11868/
Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317
Suryani, L., Fadila, A., & Andriani, S. (2024). Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 263–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971
Suryani, Y. Y., Wihardjanti, S., Winarno, W., & Istiqlal, M. (2023). Relationship between Emotional Intelligence and Mathematical Problem Solving Ability. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i1.14166
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Utomo, D. P., Junirestu, E., & Khusna, A. H. (2021). Students’ reflective thinking based on their levels of emotional intelligence in mathematical problem-solving. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 69–84. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i1.399
Wibowo, F. A. N., Murtianto, Y. H., & Sutrisno, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 133–146. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.23632
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aji - AJI WIBOWO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530