Peran Resiliensi Matematis dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Aji Wibowo(1*), Leny Hartati(2), Mal Alfahnum(3)

(1) SMKS 28 Oktober 1928.II
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematis dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama, mengetahui pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Uji statistik yang digunakan yaitu regresi ganda. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 91 siswa yang dipilih dengan menggunakan random sampling technique. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan antara resiliensi matematis dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama sebesar 28,09%; terdapat pengaruh signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 27,04%; terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 28,09%.


Keywords


Mathematical Resilience; Emotional Intelligence; Mathematical Problem Solving Abilities;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5286

Amri, S., Widada, W., Susanta, A., & Zamzaili, Z. (2020). Mathematical Problem Solving Capabilities: Self-confidence, Self-efficacy, Emotional Intelligence, and Concept Understanding Ability. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 20–26. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.20-26

Ashari, N. W., Ilyas, M., & Halim, R. F. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Proximal (Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika), 3(2), 16–23. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3678

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29281

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/617

Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020). The mathematical problem-solving ability of junior high school students based on their mathematical resilience. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012152

Brahmansyah, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 282–289. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/5750

Callaman, R. A. (2023). Mathematics Resiliency in the New Normal: A Theory Development. Brillo Journal, 2(2), 122–135. https://doi.org/10.56773/bj.v2i2.34

Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 159–168. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635

Ghifari, S. S. Al, & Usdiyana, D. (2023). Hubungan resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 529–535. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66770

Ginat, D. (2022). Problem Solving of Mathematical Games. In B. Sobota (Ed.), Game Theory - From Idea to Practice (p. Ch. 1). IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.108520

Hafiz, M., & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of mathematical resilience among students with problem based learning and guided discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12098. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098

Hafriani, H. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63–80. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Hak, A. A., Rum, M., & Muhamad Azwar. (2021). Memilih Profesi Pustakawan: Antara Kecerdasan Emosional dan Pengembangan Karir. Jakarta: Adabia Press. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54698

Harsela, K., & Asih, E. C. M. (2020). The level of mathematical resilience and mathematical problem-solving abilities of 11th grade sciences students in a senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032053

Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227

Khoirunisa, L., & Hartati, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa, 3(2), 106–114. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2011

Kintoko, K., Suprihatiningsih, S., & Harmini, T. (2023). Mengelola Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 109–114. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1152

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP DI TINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 933–940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p933-940

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360

Lutfiyana, L., Pujiastuti, E., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2167–2177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2445

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Ningsih, R. S., Rif’at, M., & Hartoyo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48069

Putri, N. T. A. (2023). Hubungan Self-efficacy dan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI MAN 1 Jepara [Skripsi: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/11868/

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Suryani, L., Fadila, A., & Andriani, S. (2024). Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 263–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971

Suryani, Y. Y., Wihardjanti, S., Winarno, W., & Istiqlal, M. (2023). Relationship between Emotional Intelligence and Mathematical Problem Solving Ability. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(1), 16–22. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i1.14166

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Utomo, D. P., Junirestu, E., & Khusna, A. H. (2021). Students’ reflective thinking based on their levels of emotional intelligence in mathematical problem-solving. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 69–84. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i1.399

Wibowo, F. A. N., Murtianto, Y. H., & Sutrisno, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 133–146. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.23632

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aji - AJI WIBOWO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter