Efektivitas Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Keaktifan Belajar

Febrina br Kembaren(1*), Nuryadi Nuryadi(2)

(1) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(2) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok VIII-B (kelompok kontrol) dan kelompok VIII-D (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket keaktifan pre dan post, soal tes kemampuan problem solving pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKPD berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving dan keaktifan belajar daripada menggunakan LKPD yang biasa guru gunakan. Hal ini didukung dengan hasil  uji Mann-Whitney pada kemampuan problem solving yang menunjukkan bahwa nilai Asym. Sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05)  dan hasil uji independent sample test pada keaktifan belajar siswa yang menunjukkan bahwa nilai Asym. Sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05). Dan diperkuat dengan hasil uji  perbedaan rata-rata problem solving dan keaktifan belajar  kelas eksperimen dan kelas kontrol (52,875 > 10,25) dan ( 20,8 > 4).


Keywords


LKPD; Ethnomathematics; Problem Solving; Active Learning;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adiarta, I. G. M., Candiasa, I. M., Kom, M. I., & Dantes, G. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap Hasil Belajar Tik Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1147

Agetha, N. B., Putro, R. W., & Saptono, E. (2022). Manajemen Peningkatan Kemampuan Personel Pasukan Pengamanan Presiden dalam Menjaga Keamanan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Guna Mendukung Pertahanan Negara. Manajemen Pertahanan: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Pertahanan, 8(1). https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/MP/article/view/1127

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Arjuna, S., Melia, Y., Sirega, M. R., Juliarta, F., Limbong, C. H., & Dalimunthe, R. (2022). Mencapai Sumber Daya Manusia Berkompeten (Analisis Kinerja dan Kualitas Pelayanan pada UMKM Labuhan Batu). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12208–12216. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4405

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490.

Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179

Damanik, B. E. (2018). Pengaruh kemampuan intelektual dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Idaarah, 2(2), 143–154.

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature review: kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran creative problem solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337–348. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.962

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Manurung, A. S., Fahrurrozi, E. U., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda, 5(2), 120–132.

Marhaeni, N. H., Andriyani, A., & Rusmilah, R. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7607

Muhammad, I., Marchy, F., do muhamad Naser, A., & Turmudi, T. (2023). Analisis bibliometrik: tren penelitian etnomatematika dalam pembelajaran matematika di Indonesia (2017–2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267–279. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Noviani, Y., Rajab, R. M., & Hashifah, A. N. (2017). Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pendidikan Kontemporer di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1 (2), 159–168.

Nugraha, N. W., & Novaliyosi, N. (2023). Media pembelajaran berbasis etnomatematika: systematic literature review. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 477–490. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.286

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29–44. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96/0

Pratiwi, I. C., Handayani, O. W. K., & Raharjo, B. B. (2017). Kemampuan kognitif anak retardasi mental berdasarkan status gizi. Public Health Perspective Journal, 2(1), 19–25. https://journal.unnes.ac.id/nju/phpj/article/view/10994

Purwati, N. K. R., Sumandya, I. W., & Putri, P. R. S. (2023). E-LKPD Berbasis Etnomatematika pada Materi Trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 164–172. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2122

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Rachmawati, E., Mujanah, S., & Retnaningsih, W. (2018). Pengaruh Self Leadership, Kecerdasan Sosial, Employee Ability terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Surabaya. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 5(02), 1–10.

Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73. https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.101

Rahmawanty, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 201–210. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2493

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Rapika, S., & Sari, A. P. (2017). Pengaruh kepribadian dan kemampuan intelektual terhadap kompetensi guru di SMKN 3 Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(2), 64–76. https://doi.org/10.33369/insight.12.2.64-76

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Ria, Y., & Risalah, D. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Teorema Phytagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Monterado. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 767–772. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i5.469

Sari, N., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran POGIL dengan Strategi Quick on The Draw dan Minat Belajar: Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 39. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10282

Shabira, N., & Andhany, E. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Euclid, 10(1), 147–165. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109

Sudiarta, I. W., Diputra, G. N. O., Nayun, I. W., & Sutanaya, I. B. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Suluh Pendidikan?: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 19(1), 29–44. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v19i1.243

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran SAVI dan konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88–98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23457

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Febrina br Kembaren, Nuryadi Nuryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter