Efektivitas Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem solving dan Keaktifan Belajar
(1) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(2) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis Etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok VIII-B ( kelompok kontrol) dan kelompok VIII-D (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket keaktifan pre dan post, soal tes kemampuan problem solving pre-test dan postest. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKPD berbasis Etnomatematika efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving dan keaktifan belajar daripada menggunakan LKPD yang biasa guru gunakan. Hal ini didukung dengan hasil uji mann-whitney pada kemampuan problem solving yang menunjukkan bahwa nilai Asym. Sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) dan hasil uji independent sample test pada keaktifan belajar siswa yang menunjukkan bahwa nilai Asym. Sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05. Dan diperkuat dengan hasil uji perbedaan rata—rata problem solving dan keaktifan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol (52,875 > 10,25) dan ( 20,8 > 4).
Keywords
References
Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., Sugandi, A. I., Disposition, M., & Matematik, D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. 2(1), 144–153.
Anawati, S., & Lestari, M. I. (2024). The Development of Ethnomathematics-Based Student Worksheets ( LKPD ) in Mathematics for Fourth Grade Students. 8, 293–301.
Dinata, P. M., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Era New Normal. 8(3), 1128–1134. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3123
Dinda Kurnia Putri, Joko Sulianto, & Mira Azizah. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Education, J. O., Zanthy, L. S., & Matematika, P. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mts pada materi pola bilangan. 01(02), 23–35.
Haryanti, S. (2018). Pemecahan Masalah Matematika melalui Metode Defragmenting. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 199. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2768
Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1456.
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179.
Muhammad, I., Marchy, F., Do, A., & Naser, M. (2023). Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia ( 2017 – 2022 ). 11(2), 267–279.
Marhaeni, N. H. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. November, 85–96.
Nisa, A., Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (n.d.). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa Tengah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Aritmetika Sosial.
Noviani, Y., Rajab, R. M., & Hashifah, A. N. (2017). Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara Dalam Konteks Pendidikan Kontemporer di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 20, 159–168.
Nasution, A. A. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada kipang panyabungan sebagai makanan khas mandailing natal. 1(2), 42–51.
Pendidikan, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Saputro, M., Firdaus, M., & Rika. (2022). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas Viii Smp. Jurnal of Innovation Research and Knowledge, 8(8), 771–776.
Setiawan, H., Fauzan, A., & Arnawa, I. M. (2021). The Development of Geometrical Learning Devices Based on Rumah Gadang Ethnomathematics for Grade VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003
Susanto, E., Malalina, M., & Yenni, R. F. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Limas dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 38–48.
Syaputra, D. A., Nurani, D., & ... (2020). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam menggunakan soal cerita pada kelas VII SMP Negeri 1 …. … Nasional Matematika Dan …, 137–144. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/889%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/download/889/545
Suhita Lestari, K. A. N., Mahayukti, G. A., & Mertasari, N. M. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 263. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3487
Yulia, P., & Santoso, G. (2022). Praktikalitas dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 202–212. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4506
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23457
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Febrina br Kembaren, Nuryadi Nuryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530