PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA

Tia Maryanti(1*), Nuryadi Nuryadi(2)

(1) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(2) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran PBL dan RME untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment dengan pretest posttest control group design). Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 1 Sedayu. Sampel yang dipilih kelas VIII G (kelas eksperimen I) dan kelas VIII F (kelas eksperimen II) yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata akhir kemampuan berfikir kreatif siswa yang menggunakan Model pembelajaran PBL sebesar 70,78; (2) Rata-rata nilai akhir kemampuan berfikir kreatif siswa yang menggunakan model RME sebesar 78,75; (3) Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dan RME. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran PBL.

Keywords


Ability to think creatively, problem based learning, realistic mathematical education

References


Agustina, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Bangun Ruang Khususnya pada Materi Balok di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame TP 2018/2019.

Ahmad, M., Siregar, E. Y., & Nasution, D. P. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 109-117.

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Choifah, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic literature review: upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. urnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3158-3166.

Dwi, D. U., Dorisno, D., & Frasandy, R. N. (2023). Internalisasi nilai dalam pembelajaran matematika untuk melatih profil pancasila peserta didik SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 28-36.

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228-237.

Elindra, R., Senora, V., Pulungan, S., & Handiyani,Z. (2022). Pembinaan Kompetensi Siswa SD dalam pembelajaran matematika selama pembelajaran Blended Learning. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 191-197.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL e-DuMath.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 636-646.

Hanifah, H. (2019). Hanifah, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen penilaian berpikir kreatif pada pendidikan abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 454547.

Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Statistika. Maju.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap karakter siswa disekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 138-151.

Maulina, S., Nuryadi, N., & Wahyudi, N. S. (2023, October). The Effectiveness of Problem based Learning Methods to Improve Higher Level Thinking Skills of SMP Negeri 8 Surakarta. In Conference Proceedings International Conference on Education Innovation and Social Science (pp. 360-365).

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 63-74.

Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 98-102.

Noviyana, H. (2017). Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. JURNAL e-DuMath.

Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 821-831.

Rachman , A. F., & Amelia , R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di kabupaten bandung barat dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Ramadhani, M. H., & Caswita, C. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 265-272.

Sagian, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII di Desa Sukarame Baru TA 2020/2021.

Setiawan, Y., & Pauwang , A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD melalui Pengembangan Buku MathLite Seri Kerajaan Tudus. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4).

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan Open Ended. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 43-48.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21:Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23434

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tia Maryanti, Nuryadi Nuryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter