Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa
(1) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(2) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran PBL dan RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment dengan pretest posttest control group design). Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 1 Sedayu. Sampel yang dipilih kelas VIII G (kelas eksperimen I) dan kelas VIII F (kelas eksperimen II) yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata akhir kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan Model pembelajaran PBL sebesar 70,78; (2) Rata-rata nilai akhir kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model RME sebesar 78,75; (3) Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dan RME. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran RME dapat digunakan dalam pembelajaran umum karena model pembelajaran RME cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdulah, Y., Winarti, E. R., & Sumaryati, S. (2022). Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran DAPIC problem-solving dengan pendekatan realistic mathematics education (RME). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 606–611. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54697
Ahmad, M., Siregar, E. Y., & Nasution, D. P. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(3), 109–117.
Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490.
Choifah, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic literature review: upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057
Elindra, R., Senora, V., Pulungan, S., & Handayani, Z. (2022). Pembinaan Kompetensi Siswa SD dalam Pelajaran Matematika Selama Pembelajaran Blended Learning. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 191–197.
Endang Sulastri, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2).
Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 565–574. https://doi.org/10.5281/zenodo.7357396
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.460
Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 159–168. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hanifah, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 124–129. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.503
Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Statistika. Maju, 8(1), 233–243.
Ishlahul’Adiilah, I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Kurikulum Merdeka Belajar. https://doi.org/kemdikbud.go.id
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995
Molina, N. B., Djong, K. D., Dosinaeng, W. B. N., & Jagom, Y. O. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 187–199. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1374
Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 1(1), 98–102.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.455
Nugraha, F. A., Sidik, J. A. A., Iskandar, R. S. F., & Raharjo, S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 102–107. https://doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6860
Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari persepektif gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 894–900. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/390
Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2020). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735
Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456
Ramadhani, M. H., & Caswita, C. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 265–272.
Rukhmana, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII. EDU RESEARCH, 3(2), 19–27. https://doi.org/10.47827/jer.v3i2.71
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033–5045. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11520
Said, S., Mukhlis, M., & Wahyudi, A. A. (2023). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Minasa Upa kecamatan Rappocini kota Makassar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 49–65. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.795
Taqwim, A., & Huda, S. A. A. (2024). Korelasi Antara Kurikulum Merdeka dan Keberanian Menyampaikan Gagasan Ide dalam Mendukung Pengembangan Berfikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Education Research, 5(3), 2587–2594. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1124
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Wardani, Y. E., & Suripah, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2338
Wibowo, F. A. N., Murtianto, Y. H., & Sutrisno, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 133–146. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064
Yonanda, D. A., Kurino, Y. D., & Rahmayanti, N. (2021). Penggunaan Media Papan Musi (Multifungsi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 118–122. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/571
Yuliyanti, S., Huliatunisa, Y., Rasyid, S., Yohamintin, Y., & Sabban, I. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 3(1), 24–41. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.4566
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23434
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tia Maryanti, Nuryadi Nuryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530