Efektivitas Metode Resitasi Berbantuan E-LKPD Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI Pokok Bahasan Turunan

Aprilia Dwi Rahmawati(1*), Fadhilah Rahmawati(2), Paskalia Pradanti(3)

(1) 
(2) Universitas Tidar
(3) Universitas Tidar
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni guna mengevaluasi tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerapkan metode resitasi dengan bantuan e-LKPD serta membandingkan efektivitasnya dengan metode pembelajaran langsung. Penelitian ini yakni penelitian kuantitatif pada jenis quasi experiment. Dari hasil penelitian ini bisa dikatakan bila (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan metode pembelajaran resitasi berbantuan e-LKPD telah mencapai tingkat ketuntasan belajar; (2) metode pembelajaran resitasi lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran langsung guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords


Effectiveness; Resitation Learning Method; Problem Solving Ability;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Afifah, D. S. N. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97–106. https://www.researchgate.net/profile/Dian-Septi-Nur-Afifah/publication/318967076_IDENTIFIKASI_KEMAMPUAN_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_SOAL_ARITMATIKA_SOSIAL_DITINJAU_DARI_PERBEDAAN_KEMAMPUAN_MATEMATIKA/links/5988758b0f7e9b6c8539b0f9/IDENTIFIKASI-KEMAMPUAN-SISWA-DALAM-MENYELESAIKAN-SOAL-ARITMATIKA-SOSIAL-DITINJAU-DARI-PERBEDAAN-KEMAMPUAN-MATEMATIKA.pdf

Helfi, D. (2021). Penggunaan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Pembangunan UNP Padang Tahun Pelajaran 2005/2006. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 323–328. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i4.628

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 47–55. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/575

Kasmir, K. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode resitasi dengan media gambar pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan di kelas VIII-1 semester 1 SMPN 4 Bolo tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340–350. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.58

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Nurhayati, S., Astuti, E. P., & Darmono, P. B. (2022). Peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode resitasi pada siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 165–173. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4473

Rahmawati, N. K. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Drill dan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Aritmetika Sosial. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(25), 59–64. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no25.a1464

Ratna, R., & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1908

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631

Siregar, T. J. (2020). Perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran langsung. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 188–198. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8078

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.597

Widhiantari, R. (2012). Efektivitas metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kompetensi dasar uang dan perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/535

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979, 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23276

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aprilia Dwi Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter