Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan ISpring Suite terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Faradila Agustin(1*), Hepsi Nindiasari(2)

(1) 
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan siswa untuk bisa memahami dan memecahkan serta menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Cilegon tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas 7 yang dipilih secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan awal siswa, tes kemampuan akhir siswa dan data angket respon siswa terkait model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuam berpengaruh baik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.


Keywords


Auditory Intellectually Repetition; Mathematical Understanding Abilities; ISpring Suite;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afryanto, G. F. (2021). Efektifitas Pembelajaran dengan Metode AIR (Auditory Intellectually Repetition) dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(2), 206–215. https://doi.org/10.51878/educator.v1i2.747

Aini, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. MATHEdunesa, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Alawi, A. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Asni, A., Murniasih, T. R., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Langkah Polya Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4587

Asysyaffa, M., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks untuk Peserta Didik Kelas X SMK Jurusan Teknologi dan Rekayasa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3123–3135. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.946

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Dwi Amalia, A., & Mustofa Lestyanto, L. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(3), 2911–2933.

Fitri, S., & Utomo, B. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193–201.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97–110. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.980

Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Lestariani, D. S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 26–33. https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/61

Majid, R. A., & Abadi, A. P. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1e), 1236–1247. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2997

Marlinda, M., Yusmin, E., Fitriawan, D., Jamiah, Y., & Hamdani, H. (2023). Perancangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di MA. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 297–308. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.14298

Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Powerpoint dan ISpring Quizmaker pada materi teorema Pythagoras. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/229

Mayzal, D. C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 4 SIJUNJUNG. Skripsi: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Melyanti, R., Rohana, R., & Syahbana, A. (2018). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. AdMathEdu?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11117

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Mutiasari, F., Agustinsa, R., & Yensy, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Search , Solve , Create , Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 59–68. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.15152

Nuraini, I., Narimo, S., & Surakarta, U. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis power point Ispring Suite 8 di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10220

Palguna, I. M. A., Parwati, N. N., & Divayana, D. G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbantuan Media Pembelajaran I-Spring Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10. https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3350

Purnomo, B. (2018). Pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) dan Course Review Horay. Jurnal Ilmiah Soulmath, 6(1), 1–14.

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648

Simamora, L., Hernaeny, U., & Safitri, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction ( ARCS ) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 245–252. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6405

Sonia, A., Aminah, M., & Sholihat, M. N. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 2(1), 18–27. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math/article/view/915

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326–339. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Susanto, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis , Model Reciprocal Teaching dan Model Air Auditory Intellectualy Repetition. Math Educa Journal, 3(2), 219–230. https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.677

Susihono, W., & Fabianti, E. (2018). Implementasi Sistem Jaminan Halal Melalui Bimbingan Teknis Penerapan HAS-23000 di Industri Gipang Tiga Bunda Cilegon Banten. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 14(2), 201–208. https://doi.org/10.36055/tjst.v14i2.5874

Wijaya, T. U. U., Destiniar, D., & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang, 431–435. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1910

Yanti, D. I., & Fadiana, M. (2022). Korelasi Antara Kecemasan Matematika dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 47–56. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3678




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22749

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faradila Agustin, Hepsi Nindiasari, Ihsandudin Ihsanudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter