Pengaruh Alat Peraga DAPEMBILAH terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembagian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD

Urai Baiti Ulma(1*), Rien Anitra(2), Buyung Buyung(3)

(1) 
(2) ISBI Singkawang
(3) ISBI Singkawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa alat peraga DAPEMBILAH dapat membantu siswa kelas IV dalam mencapai ketuntasan belajar minimal (KBM) dan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 10 Parit Setia pada saat pembelajaran dengan menggunakan alat peraga DAPEMBILAH. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen yaitu pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Parit Setia dengan jumlah 30 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling, kelas IV yaitu sebagai kelas penelitian.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan alat peraga DAPEMBILAH dapat membantu siswa kelas IV SDN 10 Parit Setia dalam mencapai ketuntasan belajar minimal (KBM); (2)  terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 10 Parit Setia setelah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga DAPEMBILAH.


Keywords


DAPEMBILAH Props; Mathematics Learning Outcomes; Pre-Eksperimental;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2211

Anisa, F. J. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Dakota terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Bengkulu. Skripsi: IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4873/

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204–214. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188

Buyung, B. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Himpunan. Journal of Educational Review and Research, 4(2), 135–140. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i2.3036

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fauziah, M., & Amaliyah, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Primary Education (JPE), 1(1), 34–41.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.822

Laukamang, P. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDI Sikumana 3 Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 24–31. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/165

Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 109–122. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/5727

Manurung, F., Sirait, J., & Simanjuntak, T. A. (2023). Pengaruh Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 201–210. https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3201

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141. https://www.neliti.com/publications/269969/meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-bangun-ruang-sisi-datar-m

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95–105. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan alat peraga kartu domino terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 247–256. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1192

Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan Permainan Tradisional Berbasis Matematika. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 43. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.631

Nurrahmah, A., Seruni, S., & Mulyatna, F. (2020). Engklek and Dakon Traditional Games as Mathematical Learning Innovation. 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMMUNITY SERVICE PROGRAMME. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/iccsv2019/iccsp220/paper/view/3184

Putra, R. E., & Clara, N. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568–575. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.263

Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992

Shadiq, F. (2019). Pembelajaran matematika; cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suluh, M., & Lede, Y. A. (2021). Pengukuran Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 170–177. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4687

Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 475–489. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2872

Utami, D. W., Hamdani, H., & Uliyanti, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Bilangan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24588

Wassahua, S. (2016). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 84–104. https://doi.org/10.33477/mp.v4i1.310

Yulianti, S. (2023). Peran matematika dalam membangun peradaban Islam. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4), 26–34. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4240




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22223

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Urai Baiti Ulma, Rien Anitra, Buyung Buyung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter