Pengaruh Alat Peraga DAPEMBILAH terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembagian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD
(1) 
(2) ISBI Singkawang
(3) ISBI Singkawang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa alat peraga DAPEMBILAH dapat membantu siswa kelas IV dalam mencapai ketuntasan belajar minimal (KBM) dan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 10 Parit Setia pada saat pembelajaran dengan menggunakan alat peraga DAPEMBILAH. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen yaitu pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Parit Setia dengan jumlah 30 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling, kelas IV yaitu sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan alat peraga DAPEMBILAH dapat membantu siswa kelas IV SDN 10 Parit Setia dalam mencapai ketuntasan belajar minimal (KBM); (2) terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 10 Parit Setia setelah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga DAPEMBILAH.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2211
Anisa, F. J. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Dakota terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Bengkulu. Skripsi: IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4873/
Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204–214. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188
Buyung, B. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Himpunan. Journal of Educational Review and Research, 4(2), 135–140. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i2.3036
Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Fauziah, M., & Amaliyah, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Primary Education (JPE), 1(1), 34–41.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.822
Laukamang, P. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDI Sikumana 3 Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 24–31. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/165
Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 109–122. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/5727
Manurung, F., Sirait, J., & Simanjuntak, T. A. (2023). Pengaruh Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 201–210. https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3201
Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854
Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141. https://www.neliti.com/publications/269969/meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-bangun-ruang-sisi-datar-m
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95–105. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan alat peraga kartu domino terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 247–256. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1192
Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan Permainan Tradisional Berbasis Matematika. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 43. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.631
Nurrahmah, A., Seruni, S., & Mulyatna, F. (2020). Engklek and Dakon Traditional Games as Mathematical Learning Innovation. 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMMUNITY SERVICE PROGRAMME. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/iccsv2019/iccsp220/paper/view/3184
Putra, R. E., & Clara, N. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568–575. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.263
Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992
Shadiq, F. (2019). Pembelajaran matematika; cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suluh, M., & Lede, Y. A. (2021). Pengukuran Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 170–177. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4687
Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 475–489. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2872
Utami, D. W., Hamdani, H., & Uliyanti, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Bilangan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24588
Wassahua, S. (2016). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 84–104. https://doi.org/10.33477/mp.v4i1.310
Yulianti, S. (2023). Peran matematika dalam membangun peradaban Islam. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4), 26–34. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4240
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22223
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Urai Baiti Ulma, Rien Anitra, Buyung Buyung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530