Evaluasi Penggunaan Bahan Ajar Matlab untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika Mahasiswa
(1) UIN Alauddin Makassar
(2) UIN Alauddin Makassar
(3) UIN Alauddin Makassar
(4) UIN Alauddin Makassar
(5) UIN Alauddin Makassar
(6) UIN Alauddin Makassar
(7) UIN Alauddin Makassar
(8) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan bahan ajar software matematika "Matlab" dalam meningkatkan keterampilan matematika mahasiswa pendidikan matematika di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 kelas B sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket respon mahasiswa. Data diolah menggunakan uji N-Gain dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar software Matlab cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan matematika mahasiswa. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan software matematika hanya efektif jika didukung oleh pendekatan pembelajaran yang tepat dan terintegrasi dengan baik dalam kurikulum matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afzal, M. T., & Gondal, M. B. (2010). Effect of mathematics software facilitated teaching on students learning. International Journal of Technology, Knowledge and Society, 6(3), 111–120. https://doi.org/10.18848/1832-3669/CGP/v06i03/56070
Amevor, G., Bayaga, A., & Bossé, M. J. (2021). Assessing the Impact of Dynamic Software Environments (MATLAB) on Rural-Based Pre-Service Teachers’ Spatial-Visualisation Skills. Contemporary Educational Technology, 13(4), ep327. https://doi.org/10.30935/cedtech/11235
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus 1 ditinjau berdasarkan Gaya Kognitif. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 102–110. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4036.
Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2019). Pengaruh Software Matlab Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Program Linier. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 175–182. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.175-182
Azmi, S., Sripatmi, S., & Wahidaturrahmi, W. (2023). Pengembangan Buku Ajar Komputer Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1087–1102. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1925
Cahyono, B. (2016). Penggunaan Software Matrix Laboratory (Matlab) dalam Pembelajaran Aljabar Linier. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 45–62. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.174
Gemechu, E., Kassa, M., & Atnafu, M. (2018). MATLAB Supported Learning and Students’ Conceptual Understanding of Functions of Two Variables: Experiences from Wolkite University. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 12(2), 314–344. https://www.researchgate.net/publication/332119384_MATLAB_SUPPORTED_LEARNING_AND_STUDENTS’_CONCEPTUAL_UNDERSTANDING_OF_FUNCTIONS_OF_TWO_VARIABLES_EXPERIENCES_FROM_WOLKITE_UNIVERSITY
Isharyadi, R., & Ario, M. (2018). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Geometri Transformasi berbantuan Geogebra untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. 579–584. www.Geogebra.com.
Laksono, H. D., & Afrianita, R. (2021). Penerapan Matlab untuk Metode Numerik: Interpolasi Numerik. LPPM-Universitas Andalas.
Lan, X., Zhou, Y., Wijaya, T. T., Wu, X., & Purnama, A. (2021). The effect of dynamic mathematics software on mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012059
Liandari, N. D. (2022). Penerapan Media Maba Pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa [Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/83905/
Liron, C., Steinhauer, H., Raghavan, J., & Berhane, B. (2014). Multi-Course Alignment for First-Year Engineering Students: Mathematics, Physics, and Programming in MATLAB. ASEE Annual Conference & Exposition Proceedings, 24.920.1-24.920.23. https://doi.org/10.18260/1-2--22853
Mahayukti, G. (2018). The effectiveness of mathematics software aided learning tool with performance assessment on student independence and student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012029
Mohammed, A. M., Huneiti, Z. A., Balachandran, W., & Al-Naafa, M. A. (2013). A Study of the Effects of Using Matlab as a Pedagogical Tool for Engineering Mathematics Students. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 9(2), 27. https://doi.org/10.3991/ijoe.v9i2.2511
Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386
Pena, P., Utschig, T., & Tekes, A. (2022). Reinforcing student learning by MATLAB simscape GUI program for introductory level mechanical vibrations and control theory courses. International Journal of Mechanical Engineering Education, 50(4), 849–868. https://doi.org/10.1177/03064190221085038
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. DIVA Press.
Pujiastuti, I., & Lestari, D. (2019). Development of Personal Selling Presentation Method in Telaah Kurikulum dan Buku Teks Course. Cahaya Pendidikan, 5(2), 39–50. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2495490&val=23809&title=PENGEMBANGAN%20METODE%20PERSONAL%20SELLING%20PRESENTATION%20PADA%20PEMBELAJARAN%20TELAAH%20KURIKULUM%20DAN%20BUKU%20TEKS
Pusfitra, S., Budiyono, & Kurniawan, H. (2019). Deskripsi Keterampilan Matematika Siswa Pada Tahap Berpikir Van Hiele Materi Geometri SMP di Kecamatan Kutoarjo. Ekuivalen - Pendidikan Matematika, 37(1), 25–28. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5643/5125
Qomaruddin, N., Robby, P., & Akbarita, R. (2022). Pelatihan Matlab Guna Meningkatkan Kemampuan Komputasi Bagi Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. AMONG: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 33–38. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/among/article/view/1780/1041
Retnoningsih, D. (2009). Pemodelan dan Simulasi Penghitungan Matematika Menggunakan Aplikasi Matlab. Jurnal Gaung Informatika, 2(1), 1–16. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/GI/article/view/180
Rikayanti, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Software Matlab Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 95–108. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.531
Sari Faradiba, S., Abidin, Z., & Khasanah, I. (2023). Pelatihan Aplikasi Geogebra pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(3), 148–155. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i3.32
Setyansah, R. K., & Apriandi, D. (2019). Development of Textbook Based on E-Learning ‘Matlab Simulation’ in Numerical Analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012024
Setyansah, R. K., & Lusiana, R. (2020). Media Tutorial Matlab Berbasis Web dalam Metode Numerik Sebagai Penguatan Literasi Digital. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 493. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2943
Shaukat, K., Tahir, F., Iqbal, U., & Amjad, S. (2018). A Comparative Study of Numerical Analysis Packages. International Journal of Computer Theory and Engineering, 10, 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.7763/IJCTE.2018.V10.1201
Siregar, B. H., & Arnah, R. (2016). Penggunaan Perangkat Lunak Matlab Pada Proses Belajar Kalkulus II Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Mahasiswa dengan Menerapkan Model Problem Posing. KARISMATIKA, 2(1), 99–105. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jmk/article/view/8820/7660
Sullivan, E., & Melvin, T. (2016). Enhancing Student Writing and Computer Programming with LATEX and MATLAB in Multivariable Calculus. PRIMUS, 26(6), 509–530. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1122688
Syaharuddin, Negara, H. R. P., Mandailina, V., & Sucipto, L. (2017). Calculus Problem Solution And Simulation Using GUI Of Matlab. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(9), 275–279. https://www.ijstr.org/final-print/sep2017/Calculus-Problem-Solution-And-Simulation-Using-Gui-Of-Matlab.pdf
Trisilowati, Darti, I., Habibah, U., & Wijaya, O. D. (2021). Metode Numerik dengan Matlab. Universitas Brawijaya Press.
Zhang, X., & Maas, Z. (2019). Using R as a Simulation Tool in Teaching Introductory Statistics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 599–610. https://doi.org/10.29333/iejme/5773
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.21153
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Suharti Suharti, Fitriani Nur, Lisnasari Andi Mattoliang, Sri Sulasteri, Andi Dian Angriani, A. Sriyanti, Andi Ika Prasasti Abrar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530