Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan

Tatan Zenal Mutakin(1), Fauzi Mulyatna(2), Arif Rahman Hakim(3*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) SINTA ID : 6199874, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematika siswa sekolah dasar (SD) tingkat empat pada materi bilangan. Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif ekploratif. Subyek penelitian adalah siswa sekolah dasar negeri yang ada di wilayah DKI Jakarta. Instrumen penelitian terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sumber data diambil dari data primer, yaitu jawaban 407 siswa SD yang menjadi responden penelitian pada bulan Maret 2022. Analisis penelitian menggunakan model Rasch, pengolahan data menggunakan program Winstep Versi 4.4.7. Hasil analisis menjelaskan: 1) hasil kalibrasi terhadap responden didapatkan 290 dari 407 data yang sesuai dengan model Rasch, sementara kalibrasi terhadap butir soal didapatkan 21 dari 25 butir soal yang sesuai dengan model Rasch dengan indeks reliabilitas 0,97 atau sangat tinggi, 2)  hasil analisis butir soal menyebutkan bahwa dari 21 butir soal yang sudah sesuai dengan model Rasch, ditemukan butir soal yang paling sukar adalah nomor 25 dan 22 dengan nilai logit = 1,24 dan 1,11, sementara butir soal yang paling mudah adalah nomor 7 dan 8. Butir soal nomor 25 dan 22 merupakan bagian dari materi bilangan desimal dan pecahan, sementara butir soal nomor 7 dan 8 merupakan bagian materi bilangan bulat. Hasil ini menjelaskan juga bahwa materi bilangan yang dianggap paling sulit oleh responden penelitian adalah materi operasi bilangan desimal dan pecahan, sementara yang paling mudah adalah materi operasi bilangan bulat. Secara umum, rata-rata kemampuan matematika siswa yang menjadi responden penelitian adalah rendah dengan nilai logit = -0,71 di bawah nilai rata-ratanya, yaitu 0,00. Untuk dapat meningkatkan kemampuan matematika, selain meningkatkan kemampuan mengajar para pendidik, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang penilaian. Penilaian yang valid, obyektif, transparan, dan berkesinambungan akan menjadi modal bagi kita mengetahui kelemahan kita dan memperbaikinya di masa-masa yang akan datang.


Keywords


Analysis; Elementary School Mathematics Ability; Winstep Versi 4.4.7.;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2013). Rasch analysis in the human sciences. Springer Science & Business Media. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6857-4

DetikEdu. (2021). Yang Ditunggu, Ini Hasil Lengkap Asesmen Nasional 2021. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6011654/yang-ditunggu-ini-hasil-lengkap-asesmen-nasional-2021

Ermayani, L., Suarjana, I. M., & Parmiti, D. P. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 9–17. https://doi.org//10.23887/jp2.v1i1.19325

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233

Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College and International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/frameworks.html

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 international results in mathematics and science. TIMSS & PIRLS International Study Center. https://timssandpirls.bc.edu/timss2019/international-results/

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik dan ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/93

Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar: Indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 8–15. https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/34

OECD. (2019). PISA 2018 results—Combined executive summaries, Volume I, II & III,. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf [accessed March 13, 2021].

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Cimahi: Trim komunikata.

Unaenah, E., Saridevita, A., Valentina, F. R., Astuty, H. W., Devita, N., & Destiyantari, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. NUSANTARA, 2(2), 247–261. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/813




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20907

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tatan Zenal Mutakin, Fauzi Mulyatna, Arif Rahman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter