Literasi Digital Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika

Julia Morrisca(1), Irhami Hidayati(2), Khairiani Idris(3*)

(1) IAIN Lhokseumawe
(2) IAIN Lhokseumawe
(3) IAIN Lhokseumawe
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa Madrasah Tsanawiyah dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method, dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif jenis korelasional dan kualitatif deskriptif. Sebanyak 25 orang siswa kelas VIII MTsS Syamsyudhuha yang merupakan madrasah berbasis pesantren yang berlokasi di Kabupaten Aceh Utara,  dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh melalui angket, wawancara, dan dokumen nilai rapor matematika siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif untuk menampilkan distribusi data serta dilanjutkan dengan analisis korelasi. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital siswa MTs Syamsuddhuha berada pada kategori cukup, dengan nilai mean 69,4%. Namun demikian, siswa memiliki kemampuan kontrol-diri yang baik dalam penggunaan internet, yaitu dengan memanfaatkan kesempatan akses internet untuk mengerjakan tugas-tugas matematika dan mencari informasi tentang situs dan aplikasi yang bagus untuk belajar matematika. Kemampuan literasi digital siswa dalam penelitian ini tidak memiliki korelasi signifikan. Namun, dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa MTs Syamsuddhuha merasa terbantu dalam belajar serta mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika dengan memanfaatkan akses internet.

Keywords


Digital Literacy; Math Learning Performance; Madrasah Tsanawiyah Students; Pesantren-Based Madrasa;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Ardil, A., Mashadi, M., & Sumardi, S. (2017). Implementasi manajemen kriteria ketuntasan minimal (KKM) di SMK Nasional Al-Huda Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31258/jmppk.1.1.p.1-14

Badi’ah, S., Salim, L., & Syahputra, M. C. (2021). Pesantren dan Perubahan Sosial pada Era Digital. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 349–364. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.10244

Chen, D., Zhang, Y., Luo, H., Li, J., & Lin, Y. (2023). From ICT Utilization to Student Learning Achievement: Mediation Effects of Digital Literacy and Problem-Solving Ability BT - Blended Learning : Lessons Learned and Ways Forward. In C. Li, S. K. S. Cheung, F. L. Wang, A. Lu, & L. F. Kwok (Eds.), 16th International Conference on Blended Learning, ICBL 2023 (pp. 71–82). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-35731-2_8

Coldwell-Neilson, J. (2020). Unlocking the code to digital literacy. Canberra: Department of Education, Skills and Employment.

Giovanni, F., & Komariah, N. (2019). Hubungan antara literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147–162. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Gogtay, N. J., & Thatte, U. M. (2017). Principles of correlation analysis. Journal of the Association of Physicians of India, 65(3), 78–81.

Hayati, N. R. (2019). Peran Pesantren Menghadapi Konstelasi Era 4.0. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(2), 161–174. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i2.149

Ja’far, A. (2019). Literasi Digital Pesantren: Perubahan Dan Kontestasi. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(1), 17–35. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i1.156

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.

Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, (2014). https://www.majelispendidikanaceh.org/download/qanun-aceh-nomor-11-tahun-2014-tentang-penyelenggaraan-pendidikan/

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Risalah kebijakan nomor 3, April 2021: meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa Indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018 (pp. 1–10). Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Peng, D., & Yu, Z. (2022). A literature review of digital literacy over two decades. Education Research International, 2022(1), 1–8. https://doi.org/10.1155/2022/2533413

Pohan, Y. (2020). Pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(2), 93–100. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1850

Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185

Saragih, N. D. (2021). Menyiapkan Pendidikan dalam Pembelejaran di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(3), 1–9.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103. https://doi.org/103.31004/jpdk.v1i2.603

Supriani, Y., & Devri, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Profesi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1).

Syafrial, H. (2023). Literasi digital. Yogyakarta: PT Nas Media Pustaka.

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Wulandari, M., & Aslam, A. (2022). Hubungan antara literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5890–5897. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3152

Zaenudin, H. N., Affandi, A. F. M., Priandono, T. E., & Haryanegara, M. E. A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2), 167–180. https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.727




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.20390

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Julia Morrisca, Irhami Hidayati, Khairiani Idris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter