Literasi Digital Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika
(1) IAIN Lhokseumawe
(2) IAIN Lhokseumawe
(3) IAIN Lhokseumawe
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Ardil, A., Mashadi, M., & Sumardi, S. (2017). Implementasi manajemen kriteria ketuntasan minimal (KKM) di SMK Nasional Al-Huda Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31258/jmppk.1.1.p.1-14
Badi’ah, S., Salim, L., & Syahputra, M. C. (2021). Pesantren dan Perubahan Sosial pada Era Digital. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 349–364. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.10244
Chen, D., Zhang, Y., Luo, H., Li, J., & Lin, Y. (2023). From ICT Utilization to Student Learning Achievement: Mediation Effects of Digital Literacy and Problem-Solving Ability BT - Blended Learning : Lessons Learned and Ways Forward. In C. Li, S. K. S. Cheung, F. L. Wang, A. Lu, & L. F. Kwok (Eds.), 16th International Conference on Blended Learning, ICBL 2023 (pp. 71–82). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-35731-2_8
Coldwell-Neilson, J. (2020). Unlocking the code to digital literacy. Canberra: Department of Education, Skills and Employment.
Giovanni, F., & Komariah, N. (2019). Hubungan antara literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147–162. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827
Gogtay, N. J., & Thatte, U. M. (2017). Principles of correlation analysis. Journal of the Association of Physicians of India, 65(3), 78–81.
Hayati, N. R. (2019). Peran Pesantren Menghadapi Konstelasi Era 4.0. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(2), 161–174. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i2.149
Ja’far, A. (2019). Literasi Digital Pesantren: Perubahan Dan Kontestasi. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(1), 17–35. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i1.156
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.
Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, (2014). https://www.majelispendidikanaceh.org/download/qanun-aceh-nomor-11-tahun-2014-tentang-penyelenggaraan-pendidikan/
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Risalah kebijakan nomor 3, April 2021: meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa Indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018 (pp. 1–10). Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Peng, D., & Yu, Z. (2022). A literature review of digital literacy over two decades. Education Research International, 2022(1), 1–8. https://doi.org/10.1155/2022/2533413
Pohan, Y. (2020). Pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(2), 93–100. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1850
Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185
Saragih, N. D. (2021). Menyiapkan Pendidikan dalam Pembelejaran di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(3), 1–9.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103. https://doi.org/103.31004/jpdk.v1i2.603
Supriani, Y., & Devri, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Profesi: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1).
Syafrial, H. (2023). Literasi digital. Yogyakarta: PT Nas Media Pustaka.
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
Wulandari, M., & Aslam, A. (2022). Hubungan antara literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5890–5897. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3152
Zaenudin, H. N., Affandi, A. F. M., Priandono, T. E., & Haryanegara, M. E. A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2), 167–180. https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.727
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.20390
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Julia Morrisca, Irhami Hidayati, Khairiani Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530