Literasi Digital Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika
(1) IAIN Lhokseumawe
(2) IAIN Lhokseumawe
(3) IAIN Lhokseumawe
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Ardil, A., Mashadi, M., & Sumardi, S. (2017). Implementasi manajemen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Nasioanl Al-Huda Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 1(1), 1–14.
Badi’ah, S., Salim, L., & Syahputra, M. C. (2021). Pesantren dan Perubahan Sosial pada Era Digital. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.10244
Chen, D., Zhang, Y., Luo, H., Li, J., & Lin, Y. (2023). From ICT Utilization to Student Learning Achievement: Mediation Effects of Digital Literacy and Problem-Solving Ability. Dalam C. Li, S. K. S. Cheung, F. L. Wang, A. Lu, & L. F. Kwok (Ed.), Blended Learning: Lessons Learned and Ways Forward (hlm. 71–82). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-35731-2_8
Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative content analysis: A focus on trustworthiness. SAGE open, 4(1), 2158244014522633. https://doi.org/10.1177/2158244014522633
Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub. New York.
Giovanni, F., & Komariah, N. (2019). Hubungan antara literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147–162.
Gogtay, N. J., & Thatte, U. M. (2017). Principles of correlation analysis. Journal of the Association of Physicians of India, 65(3), 78–81.
Hayati, N. R. (2019). Peran Pesantren Menghadapi Konstelasi Era 4.0. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 8(2), 161–174.
Ja’far, A. (2019). Literasi Digital Pesantren: Perubahan Dan Kontestasi. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(1), 17–35.
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan,(3), 1–10.
Qanun Aceh tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Pub. L. No. 11 (2014). https://www.majelispendidikanaceh.org/download/qanun-aceh-nomor-11-tahun-2014-tentang-penyelenggaraan-pendidikan/
Peng, D., & Yu, Z. (2022). A Literature Review of Digital Literacy over Two Decades. Education Research International, 2022, e2533413. https://doi.org/10.1155/2022/2533413
Pohan, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1850
Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.603
Skryabin, M., Zhang, J., Liu, L., & Zhang, D. (2015). How the ICT development level and usage influence student achievement in reading, mathematics, and science. Computers & Education, 85, 49–58. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.02.004
Syafrial, H. (2023). Literasi Digital. Nas Media Pustaka.
Wulandari, M., & Aslam, A. (2022). Hubungan Antara Literasi Digital dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3152
Zaenudin, H. N., Affandi, A. F. M., Priandono, T. E., & Haryanegara, M. E. A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.20390
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Julia Morrisca, Irhami Hidayati, Khairiani Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530