Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly
(1) 
(2) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematika, penggunaan aplikasi Brainly, serta hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 32 siswa dan dianalisis 6 siswa secara mendalam. Instrumen pada penelitian ini berupa angket kuisioner penggunaan aplikasi Brainly sebanyak 22 butir pernyataan dilanjutkan tes dengan 4 butir soal kemapuan pemecahan masalah matematika materi bentuk aljabar, serta wawancara tidak terstruktur. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengisian angket kuisioner penggunaan aplikasi Brainly dalam pemecahan masalah matematika, kemudian menjawab soal kemampuan pemecahan masalah matematika, lalu menjawab uraian pertanyaan wawancara. Hasil temuan untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan Brainly memperoleh hasil penggunaan Brainly kategori rendah terdapat siswa yang memperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta
Darmadi. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. Jakarta: An1mage.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453
Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena Journal, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467
Mulyono, A., Susongko, P. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Kemampuan Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti In Online) JPMP (Vol. 2, Issue 1). http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp
Murtiyasa, B., Aulida, A. N., & Affendi bin Abdullah, M. A. (2021). Analisis efektivitas Brainly sebagai platform e-learning untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.44875
Nugroho, R. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Brainly Terhadap Hasil Belajar Siswa. Epistema, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41370
Ridwan, F. R. (2021). APLIKASI BRAINLY SEBAGAI ALTERNATIF BERDISKUSI, BERSOSIALISASI, DAN BERPRESTASI DI MASA PANDEMI. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 22–29. http://sintesa.stkip-arrahmaniyah.ac.id
Sarbini. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rosida Aqmal Fatkya, Bintang Wicaksono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530