Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Matematika

Nur Janah(1*), Nur Robiah Nofikusumawati Peni(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengelompokkan penelitian berdasarkan model pengembangan produk, perangkat pembelajaran, model pembelajaran, dan jenjang kelas. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Peneliti menggunakan Publish or Perish (POP) untuk mencari 100 referensi literatur dari database Google Scholar, dengan rentang tahun 2019 hingga 2023, menggunakan kata kunci "pendidikan karakter" dalam judul artikel, dengan batasan pencarian hingga 100 artikel. Berdasarkan analisis literatur yang dilakukan, menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di berbagai jenjang masih perlu diperbaiki karena kurangnya penerapan yang efektif. Banyak peneliti telah mengembangkan produk dan model pembelajaran untuk memperkuat pendidikan karakter. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut di bidang pendidikan karakter. Artikel ini diharapkan menjadi referensi bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum. 

Keywords


LKPD; Character Education; Inquiry;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dewi, P. S., & Sintaro, S. (2019). Mathematics Edutainment dalam Bentuk Aplikasi Android. Triple S: Journals of Mathematics Education, 2(1), 1-11. Https://Jurnal.Unsur.Ac.Id/Triple-S/Article/View/651

Girsang, S. E. E., Kurniawan, A., Sarjana, S., Akbar, M. A., Lotulung, C. V., Rafid, R., ... & Nawawi, I. (2022). Konsep Inovasi Pendidikan. Indonesia: Get Press.

Halqi, M., & Muliadi, A. (2020). Pendidikan Karakter melalui Keteladanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Persepsi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Karakter, 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/38256

Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381.

Jafarudin, J., & Sisi, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dengan Model Menulis Kolaborasi Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 1-18. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/1247

Janitra, P. A., Prihandini, P., & Aristi, N. (2021). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pengelolaan Kesehatan Mental Remaja Di Era Pandemi. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 18-23. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/download/67905/39880

Khotimah, S. K., Yasa, A. D., & Nita, C. I. R. (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 401-408. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/500

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Oktavia, Y., & Susanto, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Metode Guided Discovery Learning Bermuatan Pendidikan Karakter dan Berdaya Saing Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 131-139.

Rahayu, D., , S., Narimo, S., & Fathoni, A. (2020). The Character Education in Learning Mathematics at Elementary School. , 5, 1439-1442. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jul843.

Ranti, S., & , Usmeldi. (2019). Development of integrated science student’s worksheet (LKPD) based on research-based learning integrated with religion value. Journal of Physics: Conference Series, 1185. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012143.

Rusnak, T. (1997). An integrated approach to character education. . https://doi.org/10.5860/choice.36-5813.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Penerbit Genesis. https://books.google.co.id/books?id=dSvTDwAAQBAJ

Sholihah, A., & Maulida, W. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Indonesia: Deepublish.

Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 272-280.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan guru sebagai sarana penerapan pendidikan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 29-33.

Wahyuningsih, S., Tsuroya, T., Patmawati, H., Sunendar, A., & Anggarasari, N. (2020). Integration of Character Education In Student Development Lecture. , 116-118. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200723.028.

Wijaya, T. T., & Hermita, N. (2021). What is TPMK? The Best Way to Become The Best Math Teacher.Indonesia: AE Publishing.

Yana, N., Masykur, R., & Putra, F. G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9 (1), 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19548

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter