Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Matematika
(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Dewi, P. S., & Sintaro, S. (2019). Mathematics Edutainment dalam Bentuk Aplikasi Android. Triple S: Journals of Mathematics Education, 2(1), 1-11. Https://Jurnal.Unsur.Ac.Id/Triple-S/Article/View/651
Girsang, S. E. E., Kurniawan, A., Sarjana, S., Akbar, M. A., Lotulung, C. V., Rafid, R., ... & Nawawi, I. (2022). Konsep Inovasi Pendidikan. Indonesia: Get Press.
Halqi, M., & Muliadi, A. (2020). Pendidikan Karakter melalui Keteladanan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Persepsi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Karakter, 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/38256
Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381.
Jafarudin, J., & Sisi, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dengan Model Menulis Kolaborasi Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 1-18. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/1247
Janitra, P. A., Prihandini, P., & Aristi, N. (2021). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pengelolaan Kesehatan Mental Remaja Di Era Pandemi. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 18-23. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/download/67905/39880
Khotimah, S. K., Yasa, A. D., & Nita, C. I. R. (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 401-408. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/500
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Oktavia, Y., & Susanto, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Metode Guided Discovery Learning Bermuatan Pendidikan Karakter dan Berdaya Saing Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 131-139.
Rahayu, D., , S., Narimo, S., & Fathoni, A. (2020). The Character Education in Learning Mathematics at Elementary School. , 5, 1439-1442. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jul843.
Ranti, S., & , Usmeldi. (2019). Development of integrated science student’s worksheet (LKPD) based on research-based learning integrated with religion value. Journal of Physics: Conference Series, 1185. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012143.
Rusnak, T. (1997). An integrated approach to character education. . https://doi.org/10.5860/choice.36-5813.
Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Penerbit Genesis. https://books.google.co.id/books?id=dSvTDwAAQBAJ
Sholihah, A., & Maulida, W. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Indonesia: Deepublish.
Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 272-280.
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan guru sebagai sarana penerapan pendidikan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 29-33.
Wahyuningsih, S., Tsuroya, T., Patmawati, H., Sunendar, A., & Anggarasari, N. (2020). Integration of Character Education In Student Development Lecture. , 116-118. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200723.028.
Wijaya, T. T., & Hermita, N. (2021). What is TPMK? The Best Way to Become The Best Math Teacher.Indonesia: AE Publishing.
Yana, N., Masykur, R., & Putra, F. G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9 (1), 1-6.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19548
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530