Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Representasi Matematis Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Minat Belajar

Anita Septianingrum(1*), Dewi Mardhiyana(2)

(1) Universitas Pekalongan
(2) Universitas Pekalongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesalahan dalam menyelesaikan soal adalah kekeliruan prosedur yang dilakukan siswa dalam permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan, faktor kesalahan, dan hubungan kemampuan representasi dengan minat belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR dengan jumlah 24 siswa. Metode yang digunakan yaitu dengan pemberian soal tes representasi dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa dengan kategori minat belajar tinggi melakukan kesalahan paling banyak yaitu um sebanyak 27,8% disebabkan siswa mengerjakan soal tidak teliti dan mengasal. Pada siswa dengan kategori minat belajar sedang melakukan kesalahan paling banyak yaitu rlc sebanyak 42% disebabkan siswa mengerjakan soal terburu-buru dan tidak paham prosedur penyelesaian yang dilakukan. Sedangan Siswa dengan kategori minat belajar rendah melakukan kesalahan paling banyak yaitu um sebanyak 50% penyebabnya yaitu siswa mengerjakan soal kurang teliti, mengasal ketika memberikan jawaban. Hasil penelitian disimpulkan kemampuan representasi memiliki hubungan dengan dengan minat belajar.

Keywords


Error Analysis; Mathematical Representation; Watson Criterion; Learning Interest;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Damayanti, & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1a), 37–50.

Dehani, S. K. (2019). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Peka, 2(2), 50–57.

Fauziah, Y. H. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Dan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Dengan Model Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(2), 150-161.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Harahap, D. O., & Zahari, C. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dan Minat Belajar Menggunakan Model Contextual Teaching Learning Di SMA Negeri 1 Portibi. Maju, 8(2), 562–575.

Khusnatun, Danaryanti, A., & Sari, A. (2020). Analisis Kesalahan Ditinjau Dari Jawaban Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Watson Pada Siswa Sma Negeri Se-Banjarmasin Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Konferensi Nasional Pendidikan I, 1(1), 34–39.

Permata, I. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika SMP. Seminar Nasional Paedagoria, 1(1), 6–9.

Riyanti; Rosyadi; Nurafifah, luthfiyati. (2023). Pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan representasi siswa. 9, 54–64.

Saifufi, S. N. (2022). Analisis Kemampuan Representasi MatematisSiswa dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi Minimum Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 (Universitas Sebelas Maret). Skripsi, diterbitkan, Universitas Sebelas Maret.

Wildani, J., Triyana, I. W., & Mahmudah, W. (2019). Literasi Statistis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik. Vygotsky, 1(2), 99–110.

Yulianda, P., Sahala, S., & Mursyid, S. (2019). Deskripsi Kesalahan Siswa Berdasarkan Klasifikasi Watson Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19149

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anita Septianingrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter