Pengembangan LKPD dengan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Dwi Ayuningtiyas(1*), Fajar Hendro Utomo(2)

(1) universitas bhinneka pgri
(2) Universitas Bhinneka PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian  ini   bertujuan   untuk  mengembangkan  LKPD sebagai bahan ajar dengan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi barisan dan deret aritmetika sosial  untuk siswa kelas XI dan mengetahui kevalidan, serta keefektifan LKPD berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan nilai tes hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta soal tes hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan LKPD dengan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di SMAN 1 Gondang, berdasarkan penilaian ahli media memperoleh skor 49 dengan persentase 87,5% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli materi memperoleh skor 50 dengan persentase 89,28% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, Pada tes hasil belajar 35 siswa dengan persentase ketuntasan belajar memperoleh 88,57% sehingga keefektifan termasuk kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, LKPD dengan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di SMAN 1 Gondang layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika untuk siswa SMA kelas XI direpresentasikan dari nilai hasil belajar siswa yang naik setelah menggunakan LKPD.


Keywords


Development; LKPD; RME;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, D., Nurhanurawati, & Noer, S. H. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Poblem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829–838. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4760

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggnakan adobe flash berbasis metakognisi untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 83–97.

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.285

Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.

Ma’rifah, I., & Nurnugroho, B. A. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Materi Pythagoras. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 111–122.

Maretha, D. G. A., & Suparman, S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Open Ended pada Materi Segi Empat Kelas VII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 349–358.

Masdar, M., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas II SD. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239

Mu’tashimah, A., Putri, A. D., & Ramury, F. (2020). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 83–98.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 659–663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Nurhaliza, N., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2023). Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy: Pengembangan Live Worksheet Berbasis Gamifikasi dengan Model PBL. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 259–272.

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi pendahuluan: E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131–140.

Ramadani, U., Nasriadi, A., & Rahmattullah. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Kartika XIV Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Ridha, F., Suharti, S., Halimah, A., & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 205–214. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378

Ritonga, M. W., & Ritonga, S. I. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 5–11. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/528

Rosyidah, N. F., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Problem Based Learning Menggunakan Web Liveworksheet untuk Kelas VII SMP. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 138–145. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1732

Rozak, A., Unipma, D., & Murtafiâ, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Septiahani, A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322.

Setyansah, R. K., & Lusiana, R. (2020). Media tutorial matlab berbasis web dalam metode numerik sebagai penguatan literasi digital. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 493.

Siregar, S. H., Zulham, S. R. P., Nirwana, N. I., Silalahi, K., & Nasution, I. Y. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 51–58.

Sugeng, Azainil, & Nuryanto. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 020 Balikpapan Tengah. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.653

Supriani, Y., Giyanti, G., & Syafana, Z. (2023). Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 167–178.

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika video interaktif berbasis multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E–LKPD) Berbantuan Liveworksheet. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2022: LITERASI DAN NUMERASI DALAM DIGITALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA, 149–157. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/6866




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.18399

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi ayu ningtiyas, Fajar Hendro Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter