Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif IG dan CBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistik Deskriptif
(1) Politeknik Negeri Ketapang
(2) Politeknik Negeri Ketapang
(3) Politeknik Negeri Ketapang
(4) Politeknik Negeri Ketapang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi statistika deskriptif melalui penerapan model pembalajaran Kooperatif GI dan model CBL. Metode dalam penelitian ini berupa eksperimen semu dengan desain non-randomized control group pretest-posttes design. Penentuan sampel dilakukan dengan sistem non-random secara convenience diperoleh mahasiswa tahun akademik 2022/2023 yang berjumlah dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas Kooperatif GI dan kelas B sebagai kelas CBL. Teknik analisis data untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dihitung berdasarkan nilai indeks gain (N-gain). Uji Shapiro-Wilk menghasilkan data tidak berdistribusi normal, sehingga uji statistik yang digunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa pada kelas A mengalami peningkatan dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas B dengan kategori sedang. Perbedaan peningkatan pemahaman konsep selanjutnya diuji secara statistik dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, dapat disimpulkan model Kooperatif GI lebih efektif dari model CBL dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afrilina, A. R., Haryono, Y., D., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843
Apriliyani, S.W., Hartati, L., dan Rahmatulloh, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193–210. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148
Arianto, H., dan Fauziah, H. N. (2020). Students’ Response to the Implementation of Case Based Learning (CBL) Based on HOTS in Junior High School. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal (INSECTA), 1(1), 45–49. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2058
Christmawan, P.E.E., Adiputra, A.K., dan Nurhayati, H. (2021). Penerapan Metode Case-Based Learning Mata Kuliah Perpajakan terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntasi Universitas Respati Yogyakarta. Strategi Mempertahankan Kualitas Penelitian Dan Publikasi Di Era Pandemi, Seminar Nasional UNRIYO, 201–210.
Fitriani, A.D., Hutajulu, M., dan Minarti, E. D. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 6(1), 329–336. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11922
Hasnaeni, Rapi, M., dan S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 2 Bone. Jurnal Pendidikan Biologi (Al-Ahya), 3(2), 48–58. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/19890
Ilindia, L.P., Hidayatullah, dan Lestari, R. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Peluang. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kuningan, 2, 123–128.
Lambertus, L. (2022). Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik melalui Pendekatan Cooperative Learning bagi Siswa Fase E ( X-1 ) SMA Negeri 1 Ende. Jurnal Literasi?: Pendidikan Dan Humaniora, 7(3), 22–30. http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/literasi/article/view/2247
Maysani, R., dan Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (Al Khawarizmi), 4(1), 32–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949
Mulyatna, F., & Nofiansyah, W. (2019). Error patterns in determining combined probability functions from continuous random variables. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012111
Mulyatna, Fauzi, & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Nurdianto, W.B., Juwaedah, A., dan K. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga. Jurnal Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(1), 61–64. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.23867
Nurhayati dan Novianti. (2020). Pengaruh SPSS terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika (AKSIOMA), 9(1), 101–107. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2609
Oktavia, A., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 1–14. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/2438
Pratiwi, H.E., Suwono, H., dan Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Jurnal Penidikan Biologi, 7(1), 22–30.
Simbolon, D. H. (2022). Pengaruh Model Case Based Learning ( CBL ) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Multidisplin Ilmu (BULLET), 1(03), 181–184.
Sukoco, J.B., Kurniawati, N.I., Werdani, R.E., dan Windriya, A. (2019). Pemahaman Pendidikan Vokasi di Jenjang Pendidikan Tinggi bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 23–26.
Tambunan, N., dan Febrianti, N. (2023). Upaya Guru dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas I dan IV di SDN Tanjung Duren Selatan 01. Journal on Education, 05(04), 14111–14121.
Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), 3(1), 118–129.
Wospakrik, F., Sundari, S., dan Musharyanti, L. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal Health of Studies, 4(1), 30–37. https://doi.org/10.31101/jhes.515
Yulianti, R., Nengsih, L.W., dan Rosadi, A. (2022). Analisis Model Kooperatif Dalam Pembelajaran Blended Learning Statistika?: (STAD & Jigsaw). Jurnal Derivat, 9(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2021
Yuniarti, R. (2022a). Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC)), 8(1), 1–10. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ujmc/article/view/2829
Yuniarti, R. (2022b). Kesalahan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika (JSMS), 8(1), 46–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v8i1.13312
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17828
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Aida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530