Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Make A Match Menggunakan Alat Peraga PaPebar

Alham Azhari(1*), Citra Utami(2), Emi Sulistri(3)

(1) STKIP SINGKAWANG
(2) STKIP Singkawang
(3) STKIP Singkawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan alat peraga PaPebar pada materi pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 03 Tebas berjumlah 25 orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan tes (tertulis) dan non-tes (Observasi Langsung). Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk & uji hipotesis menggunakan n-gain, selanjutnya untuk aktivitas belajar menggunakan teknik analisisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas III di SD Negeri 03 Tebas, yaitu dengan nilai N-Gain 0,78. Sedangkan, aktivitas belajar siswa tergolong sangat tinggi, yang ditunjukkan dengan hasil observasi pada pertemuan pertama 77,5 % dan 94% pada pertemuan kedua, dengan rata-rata 2 pertemuan 85,75% pada kategori sangat tinggi.

Keywords


Understanding of Concepts; Learning Models; Make A Match; Learning Activities; PaPebar;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, F. S., & Mulyatna, F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII MTs Fisabilillah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58.

Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing di smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Aida, N., Verawati, N., Pratiwi, I., & Muttaqin, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif IG dan CBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistik Deskriptif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 273–284. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17828

Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263–272.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ermita, E. (2021). Make a-match: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1286

Fatimasari, T. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan TKJ Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. In Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hikmah, N. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas iv SDN 005 Samarinda Ulu. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 80–85. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/46

Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran di SD Oebola di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32, 29–38.

Karimah, S., Utami, R., & Hidayah, N. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 97–101.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 103 Tahun 2014, tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah., (2014).

Marlinda, M., Yusmin, E., Fitriawan, D., Jamiah, Y., & Hamdani, H. (2023). Perancangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di MA. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 297–308. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.14298

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107

Nagur, M. O., Rismawati, M., & Sirhi, S. (2020). Peningkatan Minat dan Aktivitas Belajar Matematika Menggunakan Model Make A Match. J-PiMat, 2(1), 106–115.

Novitasari, L., & Leonard, L. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika., 758–766.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas V B dan C di SDN Neglasari. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Patni, L. D. P., Parwati, N. N., & Suharta, I. G. P. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran air disertai penilaian portofolio. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2810

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Rachmawaty, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Faktor dan Kelipatan Bilangan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SDN Polisi 5 Kota Bogor. Jurnal Edukha, 1(1), 13–26. http://dx.doi.org/10.32832/edukha.v1i1.3203

Rohayati, A. (2012). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Suci, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.41

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3278

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900

Topandra, M., & Hamimah, H. (2020). Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 475–489. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2872

Wati, F. (2011). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Materi Perkalian Bilangan Bulat Melalui Metode Jarimatika Kelas III SDN 009 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yulianti, E., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 9–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.17717

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alham Azhari, Citra Utami, Emi Sulistri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter