Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy: Pengembangan Live Worksheet Berbasis Gamifikasi dengan Model PBL

Nurhaliza Nurhaliza(1*), Sri Hastuti Noer(2), Sugeng Sutiarso(3)

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk live worksheet berbasis gamifikasi dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) menutut Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 45 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan lembar angket self efficacy. Berdasarkan analisis data kevalidan dan kepraktisan live worksheet berbasis gamifikasi dengan model PBL yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan praktis. Hasil uji efektivitas live worksheet berbasis gamifikasi dengan model PBL dalam kategori tinggi dengan kriteria peningkatan yang efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa live worksheet berbasis gamifikasi dengan model PBL valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy peserta didik.


Keywords


Creative Thinking; Gamification, Live Worksheet; PBL Model; Self-Efficacy;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736

Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational research. An introduction (5th ed.) (5th ed.). New York: Pearson Longman.

Dwi Amalia, A., & Mustofa Lestyanto, L. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(3), 2911–2933. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822

Ervani, R. S. R., Dafik, & Tirta, I. M. (2021). The analysis of the implementation of problem-based learning students’ generalization skills in obtaining the resolving total domination number. Journal of Physics: Conference Series, 1836(1), 1–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012060

Febriani, R., Syarifuddin, H., & Ma. (2021). Pengaruh Pendekatan Open - Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.582

Firdaus, D. M., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Fitriani, D., Handican, R., & Gunawan, R. G. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Pengaruh Self-Directed Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Eksponensial. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 589–597. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.188

Fratiwi, R., Nurfitriani, & Priyanda, R. (2021). Pengembangan Instrumen Serta Menganalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Secara Matematis Pada Tingkat SMP. Prosiding SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 2(1), 126–132.

Habibah, S. U., Fathani, A. H., & Nursit, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 16(9), 1–9.

Hagi, N. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Herlina, L. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad 21 dengan Model Inquiry Levels dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Bioed, 7(1), 10–18.

Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121–130. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1584

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 268. https://doi.org/2407-8530

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32

Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Juniar, T. A., Sumarti, S. S., Nuswowati, M., & Jurusan, N. W. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Berorientasi CEP Untuk Mengembangkan minat wirausaha Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry in Education, 11(1), 57–64. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Meiliati, R., Muhammad Darwis, & Asdar. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar , Self Efficacy , dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Issues in Mathematics Education, 2(1), 83–91.

Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45–64.

Mukuka, A., Mutarutinya, V., & Balimuttajjo, S. (2021). Mediating effect of self-efficacy on the relationship between instruction and students’ mathematical reasoning. Journal on Mathematics Education, 12(1), 73–92. https://doi.org/10.22342/JME.12.1.12508.73-92

Ningrum, R. W., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 126–135. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ajme.v2i2.17651

Noer, S. H., Gunowibowo, P., & Triana, M. (2020). Improving students’ reflective thinking skills and self-efficacy through scientific learning. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012036

Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342

Prihandhika, A., Aiyub, A., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2022). Efektivitas Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dalam Pembelajaran Turunan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 551–564.

Putra, F. G., Widyawati, S., & Nabila, I. L. (2021). Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) dengan Nilai Ke-Islaman dan Self-Efficacy: Dampak dan interaksinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 67–77. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8375

Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699–3712. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2691

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

Sari, Y. A., Muhassin, M., Suri, I. R. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas Viii Smp. Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 61–67. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.140

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. Prisma, 11(1), 71–81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/629

Sulastri, Y. L., & Ahmatika, D. (2020). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Model Problem Based Calculus Learning Berbantuan Geogebra. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 42–54. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2254

Tama, D. A., & Setyadi, D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1536–1548. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1303

Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 71–80. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1359

Utami, P. R., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan komunikasi dan self efficacy. JPPM, 12(2), 300–316.

Warsiki, A., & Mardiana, T. (2019). Pengaruh Self-Concept Dan Self-Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis KKNI. Buletin Ekonomi, 2(2), 245–256. https://doi.org/10.31315/be.v17i2.5616

Widyastuti, S. A., Prima, F., & Cahyadi, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Live Worksheets untuk Meningkatkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan, 18(2), 10–20. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11781




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17612

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhaliza Nurhaliza, Sri Hastuti Noer, Sugeng Sutiarso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter