Penggunaan Model Bangun Ruang dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri

Asti Widiastuti(1*), Melia Nurkhalisa(2), Muthia Aprianti(3), Komariah Komariah(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
(2) Universitas pendidikan indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
(4) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran geometri dengan menggunakan media pembelajaran model bangun ruang dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam hal ini siswa diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Akan tetapi pada kenyataannya, ditemukan kesulitan belajar pada siswa dalam pembelajaran matematika geometri yaitu sulit membandingkan dan menentukan sifat bangun ruang prisma dan limas. Model bangun ruang dapat digunakan untuk memudahkan komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran geometri sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisisen serta dapat mengatasi kesulitan yang ada. Hal ini didukung oleh respon siswa serta hasil pengerjaan soalsiswa. Maka dari itu, peneliti menyarankan agar para guru mengoptimalkan penggunaan media dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran

Keywords


Concrete Media; Geometry Difficulty Learning;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs : Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/aian.v2n1a1

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–15. https://doi.org/https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/356

Chesaria, R. D., Adi, W., & Muchsini, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 94–102. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/6381

Duludu, U. A. T. . (2017). Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran PLS. Yogyakarta : Deepublish.

Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. (2014). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2123

Hartatik, A. F., Kamsiyati, S., & Sularmi. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Model Learning Cycle (Pembelajaran Bersiklus) pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indira, 5(4), 1–5. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10390/0

Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2591

Khasanah, U., Suparman, M. A., & Wibawa, B. (2022). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai dan kompetensi sikap sosial siswa MI (studi kasus pada siswa kelas V MIN 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Lamongan: Nawa Litera Publishing.

Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru SD Negeri Dukuhwaru 01. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2), 170–186. http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943

Rahmawati, N. D., Komarudin, & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 333–340. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607

Safitri, S. R. E., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 338–344. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1057

Satrianawati. (2017). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar (PPD), 4(1), 54–61. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3882

Sugiman, S. (2008). Koneksi matematik dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/687

Susanto, H. A., Suswandari, M., Kusumaningsih, D., Hadiyatmini, S., & Mulyati, S. (2022). PEDOMAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Suseno, A. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA 3D DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 4 PEUSANGAN. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 9(1), 6–13. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/826

Syahrir, Kusnadin, & Nurhayati. (2013). Analisis kesulitan pemahaman konsep dan prinsip materi pokok dimensi tiga siswa kelas XI SMK Keperawatan Yahya Bima. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 88–102. https://doi.org/10.33394/j-ps.v1i1.522

Triyono, A. (2011). Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi: Universitas Negeri Malang.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pebelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697

Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17610

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Melia Nurkhalisa, Asti Widiastuti, Muthia Aprianti, K. Komariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter