Penggunaan Model Bangun Ruang dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri
(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
(2) Universitas pendidikan indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
(4) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs : Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/aian.v2n1a1
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.
Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–15. https://doi.org/https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/356
Chesaria, R. D., Adi, W., & Muchsini, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 94–102. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/6381
Duludu, U. A. T. . (2017). Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran PLS. Yogyakarta : Deepublish.
Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. (2014). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2123
Hartatik, A. F., Kamsiyati, S., & Sularmi. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Model Learning Cycle (Pembelajaran Bersiklus) pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indira, 5(4), 1–5. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10390/0
Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2591
Khasanah, U., Suparman, M. A., & Wibawa, B. (2022). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24
Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai dan kompetensi sikap sosial siswa MI (studi kasus pada siswa kelas V MIN 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903
Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Lamongan: Nawa Litera Publishing.
Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru SD Negeri Dukuhwaru 01. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2), 170–186. http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3943
Rahmawati, N. D., Komarudin, & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 333–340. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055
Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607
Safitri, S. R. E., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 338–344. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1057
Satrianawati. (2017). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar (PPD), 4(1), 54–61. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3882
Sugiman, S. (2008). Koneksi matematik dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/687
Susanto, H. A., Suswandari, M., Kusumaningsih, D., Hadiyatmini, S., & Mulyati, S. (2022). PEDOMAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Suseno, A. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA 3D DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 4 PEUSANGAN. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 9(1), 6–13. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/826
Syahrir, Kusnadin, & Nurhayati. (2013). Analisis kesulitan pemahaman konsep dan prinsip materi pokok dimensi tiga siswa kelas XI SMK Keperawatan Yahya Bima. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 88–102. https://doi.org/10.33394/j-ps.v1i1.522
Triyono, A. (2011). Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi: Universitas Negeri Malang.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pebelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17610
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Melia Nurkhalisa, Asti Widiastuti, Muthia Aprianti, K. Komariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530